Home / Sumut / Ini Kejanggalan Pilgubsu Kata Bawaslu
Foto: Waspada.co.id

Ini Kejanggalan Pilgubsu Kata Bawaslu

MEDAN, Waspada.co.id – Badan Pengawas Pemilu Sumutera Utara (Bawaslu Sumut) membeberkan berbagai kejanggalan yang terjadi pada pelaksanaan Pigubsu 2018.

Beberapa hal yang menjadi sorotan Bawaslu Sumut adalah perbedaan data pemilih tambahan yang terjadi di sejumlah kabupaten/kota, surat undangan pemilih atau C6 yang tidak terdistribusi, pemusnahan suara yang belum dimusnahkan pada daerah yang juga melaksanakan pemilihan bupati.

“Terkait hal ini, kami meminta KPU Kabupaten Kota untuk memastikan data mana yang digunakan untuk penghitungan rekapitulasi. Apakah data Pilgub atau Pilbup,” kata Syafrida pada rekapitulasi hasil perhitungan suara tingkat provinsi dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara yang diselenggarakan KPU Sumut di Hotel Polonia Medan Minggu (8/7) malam.

Syafrida juga meminta pemusnahan surat suara segara dilakukan bagi KPU kabupaten/kota yang belum melaksanakannya.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Hardi Munthe, menyoroti soal formulir C6 yang tidak didistribusikan. Jumlahnya mencapai 9 persen dari jumlah DPT 9,2 juta.

“Itu soal C6. Ini yang selalu menjadi masalah tiap pemilu,” kata Hardi dalam rapat itu.

Berbagai laporan yang masuk ke Bawaslu sedang dalam proses penangan. Yang cukup mengejutkan, Bawaslu juga menemukan ada formulir C1 yang dirubah. “Laporannya sudah ditangani, termasuk Deliserdang.

Di KPPS ada yang merubah C1 Itu ditemukan saat rekap di Deliserdang,” katanya.

Sebelumnya, saksi dari Paslon nomor 2 Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus Dame Ana Limbantobing juga menyampaikan beberapa keberatan. Diantaranya sama dengan yang disampaikan dengan Bawaslu Sumut.

Dalam rekapiltulasi hasil perhitungan suara yang disampaikan oleh KPUD di 33 kabupaten/kota pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut nomor 1 Edy Rahmayadi- Musa Rajekshah (ERAMAS) memperoleh 3.291.137, 17 suara mengungguli pasangan nomor 2 Djarot Saiful Hidayat – Sihar Sitorus (DJOSS) yang memperoleh 2.424.960, 16 suara. (wol/data2)

Editor: RIDIN

Check Also

Tiga Kecamatan di Langkat ini Sulit Distribusi Surat Suara Pilgubsu

LANGKAT, Waspada.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Langkat sudah memetakan tiga kecamatan yang paling ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: