Breaking News
Home / Sumut / Ini kata Bupati Karo Soal Pengungsi Sinabung
foto: istimewa
foto: istimewa

Ini kata Bupati Karo Soal Pengungsi Sinabung

KARO, WOL – Pemerintah Kabupaten Karo terus berkoordinasi dengan seluruh pihak yang tekait guna kemudahan pengambilan lahan hutan seluas 400 hektar untuk hunian tetap (huntap) sekitar 2000 KK, pengungsi korban erupsi Sinabung yang saat ini masih tinggal di posko pengungsian yang tersebar di delapan desa.

“Kita terus berkoordinasi dengan BPBD, Dinas Pertanian, Dinas Kehutanan, PU, camat, untuk kita buat langkah-langkah agar upaya pengadaan lahan seluas 400 hektar untuk para pengungsi cepat selasai dan kita minta pihak provinsi memfasilitasi hal ini,” ujar Bupati Karo Terkelin Brahmana kepada Waspada Online baru-baru ini.

Menurut Terkelin, seiring dengan rencana perluasan lahan hunian baru bagi para pengungsi, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan pihak kepala desa, tokoh masyarakat dan tokoh adat guna relokasi para pengungsi yang masih tinggal di posko pengungsian.

“Sebelum mereka mendapat hunian baru kita, berupaya agar para pengungsi biasa mendapatkan tempat hunian yang layak, seperti rumah sewa atau ke hunian sementara di Siosar yang masih kosong, yang penting mereka tidak lagi tinggal di posko pengungsian,” kata Terkelin.

Kepala BPBD Sumut Riadil Akhir Lubis menyebutkan pihaknya segera membentuk tim terpadu dalam upaya percepatan penanggulangan pengungsi untuk mengawal rencana aksi sampai dengan 2018.

“Kedua siap mengadvokasi penatausahaan bantuan hibah BNPB kepada Pemkab Karo. Kemudian yang ketiga, kita akan membantu Pemkab Karo segera mengeluarkan pengungsi dari posko-posko penampungan pengungsi yang jumlahnya 2117 KK dengan koordinasi dengan Pemkab Karo terkait data validasi pengungsi terakhir, ” ujar Riadil.

Riadil menyebut, para pengungsi dari tempat penampungan akan dipindahkan ke tempat-tempat sementara sembari pembangunan hunian baru selesai. “Para pengungsi kita tempatkan di rumah-rumah yang layak jadi tidak di tenda lagi yang ada selama ini,” ujar Riadil.

Kemudian kata Riadil, Pemprovsu pada 2018 akan memprogramkan bantuan-bantuan kepada Pemkab Karo. “Dan kami juga meminta kepada Pemkab Karo agar menempatkan para pengungsi di 348 rumah yang sudah selesai dibangun di Desa Dokum Siroga, Kecamatan Simpang Empat,” kata Riadil. (wol/rdn)

Check Also

demo-1

Ratusan Polisi Amankan Demo Buruh di Kantor Gubsu

MEDAN, WOL – Ratusan personil kepolisian gabungan dari Polrestabes Medan dan Polsek Medan Baru, mengamankan ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.