Home / Fokus Redaksi / Ini Dua Objek Temuan Basarnas Diduga KM Sinar Bangun: Satu Melayang di Dalam Danau, Satu di Dasar
foto: Basarnas

Ini Dua Objek Temuan Basarnas Diduga KM Sinar Bangun: Satu Melayang di Dalam Danau, Satu di Dasar

TIGARAS, Waspada.co.id – Kepala Badan SAR Nasional, Marsekal Madya TNI M Syaugi, membeberkan proses pencarian Kapal Motor (KM) Sinar Bangun mulai menemui titik terang. Pada Minggu (24/6), Syaugi mengatakan ditemukan dua objek diduga bangkai kapal tersebut.

“Kalau dari sini arahnya barat daya kurang lebih. Pertama kali diberikan koordinat itu barat daya, 3 km dari sini,” sebut Syaugi.

Sementara, dari video percakapan antara tim Basarnas yang diterima Waspada Online, tampilan layar mendeteksi adanya gundukan dan puing-puing besar yang mengambang hasil pencarian Multi Beam EcoSounder yang didatangkan langsung dari Tanjung Pinang milik KN SAR Bima.

Berdasarkan video tersebut, ada dua objek yang diduga KM Sinar Bangun.Objek pertama mengapung di dalam danau di 388 kaki atau sekitar 118 meter., sedangkan objek kedua berada di sekitar 1566 kaki atau sekitar 477 meter di dasar danau.

Objek tersebut terlihat dari bentuk dan warna yang berbeda dari dasar danau. Hanya saja, Kabasarnas belum bisa memastikan apakah memang kordinat objek yang ditemukan itu KM Sinar Bangun yang tenggelam atau adanya benda lain yang tenggelam di dalam Danau Toba tersebut.

“Kita perlu proses, apakah objek itu Sinar Bangun atau apa, kita belum tahu,” jelasnya.

“Nanti akan dilacak dengan menggunakan alat canggih untuk memastikannya,” jelasnya kepada awak media.

Disinggung mengenai alasan hingga kini belum ditemukan KM Sinar Bangun, Syaugi menjelaskan tekstur kedalaman Danau Toba berbeda dengan lautan. (wol/aa/ags/data1)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

 

Check Also

Sinergi Pemprov dan Bank Indonesia Dukung Pariwisata Sumut

SUMUT, Waspada.co.id – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Bank Indonesia sinergi meningkatkan dan membangun serta ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: