_
Home / Sumut / Ini Aturan KPU di TPS Pilkada Serentak 2018
Ilustrasi (Shutterstock)

Ini Aturan KPU di TPS Pilkada Serentak 2018

MEDAN, Waspada.co.id – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 27 Juli 2018 sudah semakin dekat. Komisi Pemilihan Umum (KPU) memberikan informasi kepada masyarakat untuk memudahkan masyarakat memberikan hak suaranya di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

KPU mengajak masyarakat yang memiliki e-KTP terdaftar ataupun belum terdaftar untuk dapat berduyun-duyun menuju TPS sekitar tempat tinggalnya.

Ada tiga kriteria pemilih dalam Pilkada serentak. Pertama pemilu Daftar Pemilih Tetap (DPT) yaitu pemilih yang sudah dicopot dan terdata di DPT. Syarat menunjukkan e-KTP asli dan undangan /c6 atau e-KTP asli saja.

Dengan ketentuan jika membawa c6/surat pemberitahuan tetapi tidak membawa e-KTP asli ditolak.

Kemudian jika membawa e-KTP asli tetapi tidak membawa c6 masih bisa dibantu dicarikan nomor urut di DPT-nya dan diperbolehkan mencoblos dan jika tidak membawa dua-duanya ditolak.

Waktu memilih mulai pukul 07.00 -13.00
Kedua adalah pemilih DPPH adalah pemilih yang sudah mengurus surat numpang memilih A5 dari luar TPS tapi masih wilayah kota/kabupaten yang mengadakan pilkada/pilgub (diberikan dua surat suara pilkada dan surat suara pilgub).

Untuk A5 dari luar kota/kabupaten diberikan satu surat suara yaitu pilgub saja. Syaratnya membawa A5 dan e-ktp asli. Jika membawa A5 tetapi tidak membawa e-KTP asli ditolak. Jika membawa e-KTP asli tetapi tidak membawa A5 ditolak. Dan jika tidak membawa dua-duanya ditolak. Waktu memilih mulai pukul 07.00 – 13.00

Ketiga Pemilih DPTb (Dftar Pemilih Tambahan). DPTb digunakan untuk warga di TPS yang belum terdata di DPT.

Syaratnya membawa e-KTP asli dan foto copy kartu keluarga (KK).Waktu memilih mulai pukul 12.00-13.00.

Selesai tidak selesai jam 13.00 pemilihan ditutup oleh ketua KPPS Kecuali yang sudah masuk ke TPS, untuk yang masih di luar ditolak.(wol/data2)

Editor: RIDIN

Check Also

KPU Tetapkan 136 Anggota DPD Terpilih Periode 2019-2024

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan sebanyak 136 orang anggota Dewan Perwakilan Daerah ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.