_
Home / Pemilu / Inacraft 2019 Moment Promosikan Kerajinan Lokal
foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

Inacraft 2019 Moment Promosikan Kerajinan Lokal

JAKARTA, Waspada.co.id – Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Nawal Lubis Edy Rahmayadi, dan Wakil Ketua TP PKK Sumut, Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah, menghadiri pembukaan Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2019 di Jakarta Convention Centre (JCC), Rabu (24/4).

Nawal berharap ajang pameran dan perdagangan internasional tersebut dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mempromosikan kerajinan lokal, khususnya dari Sumut. Nawal mengatakan potensi pasar yang ada di Inacraft sangat besar.

“Ini harus kita maksimalkan, tadi laporan ketua mengatakan ada sekitar 1000 buyer dari luar negeri, belum lagi yang dari dalam negeri. Jadi, maksimalkanlah momen ini agar usaha-usaha di Sumut makin berkembang,” ujarnya.

Nawal juga terkesan dengan pembukaan Inacraft yang nuansanya menunjukkan keberagaman Indonesia. Jakarta merupakan ikon Inacraft kali ini, namun dalam pembukaan tidak hanya menonjolkan budaya di Jakarta.

Untuk tarian pembuka mereka menampilkan tarian kolaborasi dari berbagai daerah di Indonesia yang diberi nama Tarian Nusantara. Ini sejalan dengan tema yang di usung, Jakarta Enjoyable Multicultural Diversities.

“Saya terkesan dengan pembukaan Inacraft kali ini. Jakarta sebagai ikon memilih tema multikuktural. Tarian pembuka juga tidak hanya tarian asli Jakarta, tetapi ada tarian Dayak, Papua dan daerah lainnya. Itu sangat menarik,” katanya.

Hal yang unik lainnya untuk Inacraft kali ini adalah dipilihnya Maroko sebagai Country of Honor dan baru kali ini ada Country of Fokus, Maroko. Pembukaan Inacraft 2019 sendiri dibuka resmi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang hadir bersama Ibu Negara Iriana.

“Setiap saya hadir di Inacraft, saya lihat ini terus meningkat kualitasnya, meningkat produksinya, meningkat ekspornya. Ini yang kita inginkan,” kata Jokowi juga menekankan masih banyak pasar yang belum dicoba, karena semakin banyak pasar di luar negeri akan meningkatkan produksi.

“Itu juga akan makin banyak menyerap tenaga kerja dan semakin banyak juga usaha-usaha di sini yang meningkat,” ujarnya.

Ketua Umum Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (Asephi), Thamrin Bustami, mengatakan Inacraft akan berlangsung pada 24-28 April 2019 dengan diikuti 1.421 peserta dari seluruh pelosok tanah air dan terkhusus menampilkan produk kerajinan Maroko, Jepang, Polandia, Pakistan, dan Hongkong. (wol/aa/data1)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Sumut yang Agraris Tetap Jadi Prioritas

PERBAUNGAN, Waspada.co.id – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi, membuka Pekan Daerah (PEDA) Kontak Tani ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: