_
Home / Sumut / Ijeck: Perbanyak Program Sentuh Masyarakat Daerah
foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

Ijeck: Perbanyak Program Sentuh Masyarakat Daerah

DELITUA, Waspada.co.id – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Musa Rajekshah, menghadiri sekaligus meresmikan pembentukan Forum Komunitas (Forkom) Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) Nusantara Indonesia tingkat Provinsi Sumut di Auditorium Institut Kesehatan Deli Husada, Jalan Besar Deli Tua, Kabupaten Deliserdang, Sabtu (3/8).

“Tidak bisa kita pungkiri bahwa masih banyak saudara-saudara kita di daerah yang belum memperoleh pelayanan kesehatan secara maksimal. Begitu pula dengan edukasi dan sosialisasi kesehatan. Untuk itu, saya berharap kehadiran Forkom Germas ini nantinya mampu memberi solusi melalui program-program dan aktivitasnya,” ucap Wagub.

Menurut Musa atau biasa disapa Ijeck, wilayah Sumut yang begitu luas dengan 33 kabupaten/kota. Tentu tidak mudah dijangkau semuanya oleh Pemprovsu karena itu dibutuhkan partisipasi aktif dari berbagai pihak, salah satunya Forkom Germas ini. Semakin banyak yang terlibat, semakin cepat program pembangunan dan pelayanan kesehatan terwujud.

“Kalau pelayanan kesehatan sudah mantap, maka hak dasar rakyat kita terpenuhi. Apalagi kalau dibarengi sosialiasi yang bersifat preventif, sehingga masyarakat paham dan sadar menjaga kesehatannya sendiri. Kalau masyarakat kita prima, tentu memudahkan perwujudan Sumut Bermartabat,” sebut Ijeck.

Selain meresmikan Forkom Germas, Wagub juga membuka Seminar Nasional Penjaminan Mutu Pelayanan Kesehatan dan Reuni Akbar Alumni Pascasarjana Institut Kesehatan Deli Husada Deli Tua Angkatan 2014-2019. Ijeck mengajak alumni berbuat yang terbaik demi peningkatan kualitas pelayan kesehatan di Sumut, agar masyarakat tidak perlu lagi berobat ke luar negeri.

Ketua Umum Forkom Germas Nusantara Indonesia Sumut sekaligus Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Institut Kesehatan Deli Husada, Jon Piter Sinaga, menyampaikan pembentukan Forkom Germas berawal dari ide program Pascasarjana Institut Kesehatan Deli Husada. Tujuannya, sebagai pendamping pemerintah mewujudkan Germas Nusantara Indonesia secara maksimal.

Rektor Institut Kesehatan Deli Husada, Drs Johannes Sembiring MPd MKes, menjelaskan telah meluluskan 12.566 orang dan ratusan alumni banyak diterima bekerja di Jepang. (wol/aa/data2)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Pemkab/Pemkot di Sumut Diimbau Tingkatkan Kinerja

MEDAN, Waspada.co.id – Seluruh pemerintah kabupaten/kota di Sumatera Utara (Sumut) diharapkan terus meningkatkan kinerja dari ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.