_
Home / Sumut / Ijeck Apresiasi Sirkuit Permanen Offroad Pertama di Sumatera
foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

Ijeck Apresiasi Sirkuit Permanen Offroad Pertama di Sumatera

MUARA BUNGO, Waspada.co.id – Peresmian Sirkuit Swarnadwipa Nusantara, Muara Bungo, sebagai satu-satunya sirkuit permanen speed offroad di Pulau Sumatera mendapat apresiasi dari Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Musa Rajekshah.

Hal ini disampaikannya saat menghadiri pembukaan Kejuaraan Nasional Speed Offroad Putaran 2 dan 3 dan Sprint Rally Putaran 3 dan 4 sekaligus peresemian sirkuit di Pasar Serunai, Muara Bungo, Jambi, Jumat (18/10).

“Ini baru melihat ada sirkuit offroad yang permanen dan juga persiapannya cukup matang, dari mulai lintasan, persiapan untuk penonton, paddock peserta tribun penonton dan kamar-kamar mess semuanya dibangun permanen,” ujar Musa atau akrab dipanggil Ijeck.

Sirkuit yang berdiri di atas lahan seluas 25 hektar dengan jalur sepanjang 8,4 km ini terdiri atas dua jalur dengan lebar rata-rata 9-12 meter. Sirkuit ini dibangun oleh Jimmy Syamsudin, putra daerah asli Muara Bungo. Sirkuit itu sendiri berada di dalam Kompleks Bungo Green City yang merupakan properti milik Jimmy.

Atas keseriusannya membangun sebuah sirkuit balap yang merupakan satu-satunya sirkuit di Pulau Sumatera, Ijeck menyampaikan kekagumannya kepada Jimmy. Swarnadwipa Nusantara juga menjadi salah satu sirkuit terbesar dan terlengkap di Indonesia.

“Luar biasa! Membuat sirkuit seperti ini, saya tahu tidak sedikit biayanya. Apalagi membuat acara Kejurnas, ini sudah pasti tidak akan balik modal. Tapi beliau begitu pedulinya dengan kampung halamannya. Yang saya lihat Pak Jimmy ini bukan pebalap, tapi bikin sirkuit supaya kawan-kawan balapan di sini dan meramaikan Kabupaten Bungo ini,” puji Ijeck.

“Mudah mudahan seluruh masyarakat kabupaten Bungo mendukung seluruh kegiatan. Tanpa dukungan masyarakat, kegiatan ini tak bisa berlangsung dengan baik. Sekali lagi kami ucapkan selamat atas diresmikannya Sirkuit Swarnadwipa Nusantara sekaligus dibukanya kejurnas. Semoga Kabupaten Bungo dan Provinsi Jambi semakin maju ke depan,” ujar Wagubsu.

Jimmy Syamsudin mengatakan dibangunnya sirkuit ini merupakan bentuk dukungannya terhadap kampung halamannya, Kabupaten Bungo, agar bisa mendapatkan perhatian di tingkat nasional. Dijelaskan, dirinya juga membangun sirkuit adventure, motorcross, drag race, road race, dan reli.

Memen Harianto, Event Producer Kejurnas, menyampaikan kejuaraan diikuti 65 peserta yang mayoritas berasal dari Jawa dan Sumut dengan rincian 30 peserta speed offroad dan 35 sprint rally. Atas kehadiran Sirkuit Swarnadwipa Nusantara, Gubernur Jambi Fachrori Umar juga menyambut bahagia digelarnya Kejurnas Speed Offroad dan Sprint Rally.

“Semoga ini bisa menjadi salah satu sirkuit terbaik di Indonesia dan masuk kalender resmi kegiatan otomotif baik tingkat nasional maupun internasional,” tegas Fachrori. (wol/aa/data2)

editor AUSTIN TUMENGKOL

适适

Check Also

Edy: Pengabdian Saya Pada Negara Akan Terus Berlanjut

MAGELANG, Waspada.co.id – Sebanyak 172 Purnawira Perwira Tinggi (Pati) Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.