_
Home / Sumut / HUT ke-74 PMI, Wagubsu Ingatkan Semangat Tugas Kemanusiaan
foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

HUT ke-74 PMI, Wagubsu Ingatkan Semangat Tugas Kemanusiaan

MEDAN, Waspada.co.id – Sembilan ratusan anak sekolah yang tergabung dalam Palang Merah Remaja (PMR) pawai dari Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Medan di Jalan Palang Merah hingga ke Kantor PMI Sumut, di Jalan Perintis Kemerdekaan Medan, Minggu (22/9).

Pawai dalam rangka HUT ke-74 PMI ini dilepas langsung oleh Wakil Gubernur Sumut (Wagubsu), Musa Rajekshah, yang juga Ketua PMI Kota Medan. Tiap PMR sekolah mengenakan seragam unik menarik perhatian masyarakat di sepanjang jalan.

Wagub yang juga didampingi pengurus PMI Medan lainnya mengikuti jalan santai hingga markas PMI Sumut. Selanjutnya, Musa atau biasa disapa Ijeck bergabung dengan Rahmat Shah selaku Ketua PMI Provinsi Sumut.

“Memasuki usia yang baru ini, kita refleksi kembali, mengingat tujuan mulia dibentuknya PMI yaitu memberikan pertolongan terhadap sesama. Semoga semangat kemanusiaan itu tetap hidup di hati kita, sehingga semakin banyak saudara yang mendapatkan pertolongan,” katanya.

Wagub juga menyampaikan kabar gembira di usia PMI ke-74. Disebutkan, terjadi peningkatan jumlah pendonor di unit tranfusi darah PMI Kota Medan. Biasanya rata-rata 1000 pendonor per bulan, kini mencapai angka 1800-2000. Selain itu, jumlah PMR, Korps Sukarela (KSR) PMI juga senantiasa meningkat.

“Saya ingin apresiasi para pendonor dan relawan yang sama-sama ikhlas mendukung tugas-tugas kemanusiaan bersama PMI. Semoga semakin banyak yang terlibat hingga makin banyak yang merasakan manfaat dan kehadiran kita,” tuturnya.

Ketua PMI Provinsi Sumut, Rahmat Shah, berharap tema “Kita Tangguh, Indonesia Maju” diinternalisasikan dalam kehidupan sehari-hari. Rahmat juga bercerita saat Wakil Presiden Jusuf Kalla berkunjung ke Medan. Saat itu, JK menyayangkan minimnya stok kantong darah di Sumut. Rahmat pun bekerja keras dan kini minimum 1000 stok tersedia.

Sebelumnya, Wagub juga menyempatkan donor darah dan meninjau fasilitas unit transfusi darah PMI Medan yang tergabung di markas PMI Sumut. Selain itu, Ijeck menyerahkan penghargaan kepada pendonor darah terbanyak. Salah satunya, Suratma yang telah mendonor sebanyak 100 kali dalam hidupnya.

Penghargaan berupa sertifikat dan cincin emas disematkan langsung oleh Wagub didampingi Rahmat Shah. Peringatan turut ditandai pawai karnaval parade budaya dan gerak jalan santai plus pelantikan lima unit PMR PMI Kota Medan, peluncuran klinik PMI Sumut serta aplikasi PMI bernama e-Duda dan Webgis. (wol/aa/data2)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Pemprovsu Tidak Pernah Hambat Upaya Penegakan Hukum

MEDAN, Waspada.co.id – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) mendukung setiap upaya penegakan hukum oleh aparat ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.