Breaking News
Home / Sumut / Harus Tandatangani Pakta Integritas, Caleg Bermasalah Terbuang
WOL Photo

Harus Tandatangani Pakta Integritas, Caleg Bermasalah Terbuang

MEDAN, Waspada.co.id – Komisi Pemilihan Umum Sumatera Utara  (KPU Sumut) menerapkan pakta integritas yang harus ditanda tangani pimpinan partai politik dalam pendaftaran bakal calon anggota legislatif (bacaleg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumatera Utara (DPRD Sumut).

“Pakta integritas tersebut adalah pelarangan pencalonan bekas napi bandar narkoba, kejahatan seksual terhadap anak dan korupsi,” ujar Komisioner KPU Sumut Benget Silitonga kepada Waspada Online Kamis (5/7).

Menurut Benget, pakta integritas adalah aturan yang harus dilaksanakan oleh partai politik dalam penerimaan para bakal calon legislative baik ditibgakt kabupaten/kota, provinsi dan DPR RI yang telah diterapkan dalam dengan PKPU No 20/2018.

“Dalam Pasal 6 Ayat 1 Huruf e diyatakan bahwa pimpinan parpol sesuai tingkatannya menandatangani dan melaksanakan pakta integritas pencalonan anggota DPR, DPRD provinsi, serta DPRD kabupaten/kota sebagaimana dimaksud Pasal 4 Ayat 3.

Formulir pakta integritas itu berisi tiga poin, di antaranya jika ada pelanggaran pakta integritas, berupa adanya bakal calon yang berstatus mantan napi bandar narkoba, kejahatan seksual anak, dan korupsi, maka bersedia dikenai sanksi administrasi pembatalan pencalonan atau menTMSkan calon,” jelas Benget.(wol/data1)
Editor: RIDIN

Check Also

Gubernur Sumut Tambah Belanja Sektor Riil

MEDAN, Waspada.co.id – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi bersama Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: