Home / Fokus Redaksi / Hari Kedelapan: Pencarian KMP Sinar Bangun Terkendala Cuaca Buruk
foto: youtube

Hari Kedelapan: Pencarian KMP Sinar Bangun Terkendala Cuaca Buruk

TIGARAS, Waspada.co.id – Hingga hari kedelapan pencarian korban KMP Sinar Bangun yang tenggelam di Danau Toba sejak Senin (18/6) lalu belum juga membuahkan hasil. Meski demikian, Tim Gabungan dari Basarnas, TNI-Polri dan para relawan sudah menemukan sedikitnya 2 objek yang diduga kapal naas tersebut.

Tim Waspada Online dari Posko Utama Pelabuhan Tigaras, Kabupaten Simalungun melaporkan, terdapat beberapa kendala yang saat ini menghambat pencarian objek berdasarkan kerja alat Sonar.

“Kita sudah memainkan alat-alat yang kita miliki, tetapi baru beberapa kali kita mainkan, cuaca tidak mendukung. Cuaca tidak bersahabat, kita akan tunggu apabila cuaca sudah bagus, kita akan mainkan lagi,” demikian dikatakan Deputi Operasi Basarnas, Nugroho Budi Wirianto.

Nugroho mengatakan, Tim Basarnas masih punya waktu hingga tiga hari lagi melanjutkan pencarian objek kapal beserta korban yang diduga terperangkap di dalam kapal. “Karena cuaca tidak bersahabat, sehingga menentukan hasil dari alat scan sonar kita, jadi tidak bisa maksimal,” ungkapnya.

Dikatakan Nugroho, Tim Basarnas baru menemukan benda-benda diduga milik korban KMP Sinar Bangun seperti; helm, papan kayu, dan sandal. “Kita memang belum yakin 100 persen, jadi kita perlu pendalaman. Sehingga nanti bisa kita lihat apakah itu objek (kapal, red) atau tidak,” kata Nugroho lagi.

“Untuk pengangkatan sangat sulit, di kedalaman 500 meter itu sangat sulit. Kita sudah berkoordinasi dengan mitra kita untuk melakukannya. Saya liat tadi, ombaknya cukup besar, seperti di laut, sampai 1,5 meter. Sejak jam 15.00 sore tadi cuaca sudah tidak mendukung,” pungkasnya. (wol/ags/data2)

Editor: Austin Tumengkol

Check Also

Ini Kronologi Jatuhnya Pesawat Lion Air JT-610

JAKARTA, Waspada.co.id – Kepala Basarnas Marsekal Muda TNI M Syaugi merinci kronologi jatuhnya pesawat Lion ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: