_
Home / Sumut / Harhubnas, Gubsu Ajak Tingkatkan Disiplin Berlalu-lintas
foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

Harhubnas, Gubsu Ajak Tingkatkan Disiplin Berlalu-lintas

MEDAN, Waspada.co.id – Masih banyak pengendara di jalanan yang tidak disiplin dan melanggar aturan lalu-lintas. Selain ketertiban di jalan raya, disiplin berlalu-lintas sangat penting untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan.

Karena itu, peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) diharapkan menjadi moment meningkatkan kedisiplinan berlalu lintas. Semua masyarakat diminta mengubah dan memperbaiki pola pikir terkait hal tersebut.

Hal itu disampaikan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi pada Apel Peringatan Harhubnas 2019 sekaligus peresmian Kereta Api New Sri Bilah Eksekutif di Lapangan Balai Yasa, Pulo Brayan Bengkel, Medan, Selasa (17/9).

Terkait perkembangan sektor perhubungan di Sumut saat ini, Gubsu menyebutkan banyak yang harus ditingkatkan lagi melalui koordinasi bersama para stakeholder. Termasuk juga yang terpenting adalah kesadaran masyarakat.

“Ketidakdisiplinan para pengemudi kita itu juga harus diperbaiki. Bahkan yang buat kita prihatin, sudah mereka yang salah, mereka pula yang marah. Jadi mindset (pola pikir) kita harus diperbaiki,” ujar Edy juga prihatin banyaknya sampah di sepanjang pinggir rel kereta api.

Sebelumnya, Gubsu menyampaikan pidato Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Dikatakan, sektor ini punya peran strategis dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebab keberhasilan pembangunan sangat dipengaruhi peranan transportasi sebagai urat nadi kehidupan ekonomi, politik, sosial budaya, dan pertahanan keamanan.

“Karena itu segenap sumber daya manusia (SDM) perhubungan dituntut memperkuat kembali komitmen dan dedikasi bekerja keras yang nyata di sektor transportasi. Karena ini bagian upaya meningkatkan kesejahteraan bangsa dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Pada peringatan Harhubnas sekaligus HUT ke-74 Kereta Api Indonesia (KAI) di Medan, Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution menyebutkan dalam hal penataan lalu-lintas, pihaknya mendapat penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) untuk pengelolaan lalu-lintas.

Bupati Labura, Kharuddin Syah Sitorus, berharap PT KAI meningkatkan pelayanan angkutan dengan menambah gerbong kereta. Sebab, minat masyarakat untuk menggunakan transportasi massal itu menuju Medan dan daerah lainnya cukup tinggi.

Momentum ini juga menurut Kadis Perhubungan Sumut Abdul Haris Lubis sebagai motivasi mendorong pengembangan pembangunan perhubungan. Terutama soal keberadaan transportasi missal, sebab saat ini sudah sangat membutuhkan fasilitas itu, khususnya Kota Medan yang sudah crowded (lalu-lintas padat).

Dalam kegiatan tersebut, Gubsu juga meresmikan kereta api eksekutif Medan-Rantauprapat, mengunjungi Rail Clinic atau fasilitas pelayanan kesehatan di dalam gerbong KA, termasuk kegiatan bakti sosial di dalam kawasan Balai Yasa Pulu Brayan. (wol/aa/data1)

editor AUSTIN TUMENGKOL

适适

Check Also

Tim Unit Reaksi Cepat: Tak Ada Virus Hog Cholera Infeksi Manusia

MEDAN, Waspada.co.id – Menyikapi keresahan masyarakat tentang merebaknya virus hog cholera yang menyerang ternak babi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.