Home / Sumut / Gus Irawan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan
WOL Photo/Ist

Gus Irawan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

RANTAUPRAPAT, Waspada.co.id – Ketua Komisi VII DPR RI Fraksi Ge­rindra, Gus Irawan Pasaribu memberi ma­teri seminar Sosialisasi 4 Pilar Ke­bang­sa­an di Gedung Nasio­nal, Rantauprapat, Selasa (21/8) lalu.

“Kita patut bersyukur foun­ding father pendiri negara mewariskan 4 pilar di nusan­tara ini. Dihasilkan dari ber­bagai kearifan lokal yang masih ideal saat ini,” kata Gus.

Yaitu Pancasila sebagai Dasar dan Ideo­logi Negara, UUD 1945 sebagai konstitusi negara serta ketetapan MPR. NKRI sebagai bentuk negara, serta Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

Gus Irawan mengulas jauh tentang ma­sing-masing ele­men dari keempat pilar ke­bang­saan itu. Bahkan, secara umum mantan Direksi Bank Sumut ini juga mengkritisi soal penerbitan Peraturan Pe­merintah Peng­ganti Undang-undang (Perppu) No.2 tahun 2017 tentang Ormas. Khu­susnya, kebijakan pe­merintah dalam penghapusan ormas. Dia me­nilai, pihak pemerintah mengambil alih fungsi lemba­ga negara lain yang berfungsi di bidang hukum.

Dia menyesalkan pihak legislatif yang jus­tru pula ikut mengesahkan produk hu­kum itu. “Hari ini, pemerintah bisa meng­ha­pus dan membubar­kan ormas tanpa pro­ses hu­kum. Kalau hukum tidak dite­gak­kan negara bisa porak-po­randa,” ujarnya.

Dia juga menyinggung soal polemik Ke­tua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto, yang men­jadi sorotan karena ucapannya soal ‘Indonesia akan bubar pada 2030’. “Pa­da­hal, Pak Prabowo mengutip novel fiksi karya PW Singer dan August Cole yang ber­ju­dul “Ghost Fleet,” paparnya.

Akibat kekhawatiran ka­jian dari luar yang mengatakan Indonesia akan bubar di tahun itu, muncul keinginan masya­rakat yang massif dengan has­taq 2019 ganti presiden.

Gus Irawan juga menjelas­kan, kondisi-kon­disi kekinian prekonomian Indonesia hing­ga tentang fakta sebe­narnya terkait Head of Agreement terkait penjualan saham Freeport McMoran Inc (FCX) dan terkait pembelian saham ladang minyak di Blok Rokan.

Pada sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan itu, juga dihadiri sejumlah perwakilan Orga­ni­sasi Kemasyarakatan (Or­mas) dan OKP di Labuhan­batu serta Ketua OKK DPD Partai Ge­rindra Sumut, Dedi Arfan dan Ketua DPC Partai Gerindra Labuhanbatu, Abdul Karim Hasibuan. (wol/min/dv)

Editor: Agus Utama

Check Also

Pancasila Mampu Satukan Keberagaman di Indonesia

JAKARTA, Waspada.co.id – Pancasila menjadi perekat persatuan bangsa di bawah panji Bhinneka Tunggal Ika. Tidak ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: