_
Home / Sumut / Gubsu-Wali Kota Binjai Bahas Air Bersih dan Tata Kota
foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

Gubsu-Wali Kota Binjai Bahas Air Bersih dan Tata Kota

MEDAN, Waspada.co.id – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi didampingi Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah menerima kunjungan Wali Kota Binjai Muhammad Idaham beserta jajaran Pemerintah Kota (Pemko) Binjai, Rabu (17/7).

Dalam pertemuan yang berlangsung di di ruang rapat lantai 10, Kantor Gubernur Sumut, ada dua hal utama yang menjadi pembahasan. Kedua hal dimaksud adalah pemenuhan kebutuhan air bersih dan air minum melalui rencana pengembangan dan pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) dengan kapasitas 600 liter/detik,serta masalah tata kelola Kota Binjai.

Gubsu menyambut baik sekaligus mendukung rencana pengembangan IPA tersebut. Menurutnya, selama hal tersebut untuk kebaikan masyarakat, Pemprovsu pasti bersedia mendukung dan membantu.

Edy juga tidak ingin ada anggapan bahwa dirinya membeda-bedakan kabupaten/kota. Baginya, selama pemerintah daerah di kabupaten/kota tersebut memiliki keinginan untuk maju dan menyejahterakan rakyat, dirinya selalu bersedia memberi dukungan dan bantuan.

Selanjutnya, Gubsu pun menyampaikan harapan kepada Wali Kota Binjai terkait tata kelola di daerah tersebut. Edy memberikan saran agar keindahan dan keteraturan di tengah kota senantiasa diperhatikan dan ditingkatkan, agar masyarakat nyaman dan orang luar yang berkunjung memperoleh kesan baik.

“Saya penginnya itu, indah dan bersih semua. Kita buat lah kota-kota itu nyaman, tolong diperhatikan,” ucap Edy Rahmayadi.

Wali Kota Binjai, M Idaham, menerima masukan dari Gubsu dan mengatakan bahwa Pemko Binjai memang fokus membenahi tata kelola kota. Ruang Terbuka Hijau (RTH) Dewi Sri yang turut diresmikan Gubsu pada Maret lalu merupakan salah satu upaya Pemko memberi ruang publik yang nyaman bagi warga dan membenahi kawasan Binjai.

“Kemudian, pengembangan IPA ini adalah langkah memenuhi kebutuhan air bersih dan air minum di Kota Binjai yang masih perlu ditingkatkan. Hanya saja untuk pembangunan IPA ini tentu tidak mudah, saat ini kita membutuhkan dukungan. Teknisnya akan dijelaskan oleh Direktur PDAM Tirtasari,” tuturnya.

Direktur PDAM Tirtasari, Muhammad Idham, menerangkan pihaknya berencana menambah kapasitas IPA 600 liter/detik untuk tahun 2019. Pengembangan ini akan berdampak pada penambahan sambungan pelanggan hingga 11 ribu Sambungan Rumah (SR) pada tahun 2025. (wol/aa/data1)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Bangun RSU Haji Internasional, Pemprovsu Undang Konsultan Asing

MEDAN, Waspada.co.id – Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) berencana ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.