Home / Fokus Redaksi / Gubsu: Stunting Masih Jadi Masalah di Langkat
foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

Gubsu: Stunting Masih Jadi Masalah di Langkat

MEDAN, Waspada.co.id – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi, melantik Terbit Rencana Perangin-angin dan Syah Afandin sebagai Bupati dan Wakil Bupati Langkat periode 2019-2024 di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubsu, Medan, Rabu (20/2).

Keduanya pun diminta dapat menyelesaikan berbagai permasalahan di Langkat, khususnya stunting. Gubsu menyebutkan stunting merupakan salah satu masalah yang dihadapi Kabupaten Langkat. Karena itu, bupati dan wakil bupati baru diminta menekan jumlah stunting tersebut.

“Saya mau ini ditekan, jangan mau jadi juara yang negatif, bagaimana masa depan bangsa ini, jika anak-anaknya banyak kena stunting,” ujarnya.

Untuk menyelesaikan masalah tersebut, Gubsu mengharapkan Bupati dan Wakil Bupati Langkat agar bekerja sama dengan berbagai komponen. Edy berpesan agar mereka merangkul tokoh agama, adat, dan pemuda.

“Anda tidak bisa bekerja sendirian, Anda dibantu oleh wakil, andalah yang meminta rakyat agar memilih Anda bersama Afandin. Jadikan Langkat lebih hebat, apalagi banyak tokoh asal Langkat yang menjadi pemimpin,” kata Gubsu kepada kedua pemimpin Langkat.

“Ada dua gubernur dari Langkat, ini menunjukkan Langkat hebat-hebat. Saat ini, kejayaan, kehebatan, dan martabat Langkat tergantung dari performa bupati dan wakil bupatinya,” sambung Edy.

Usai pelantikan menggantikan Ngogesa Sitepu, Bupati Langkat mengatakan akan menjalankan arahan Gubsu. Terbit menegaskan akan menjalankan program sesuai visi misi yang telah dibuatnya, terutama mengenai kesehatan dan pendidikan.Mengenai stunting, Terbit akan segera mengumpulkan organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Langkat dan pihak terkait.

Pada kesempatan itu, juga dilakukan pelantikan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Langkat, Tio Rita br Surbakti. Ketua TP PKK Provsu, Nawal Edy Rahmayadi, pun berharap Tio Rita dapat menyelesaikan masalah kesehatan keluarga di Langkat.

Selain itu, Nawal juga mengharapkan Dekranasda Langkat dapat menjaga hasil kerajinan asli daerah tersebut. Dikatakan, tenun motif Langkat juga harus dibudayakan agar dapat berkembang dengan baik karena merupakan potensi ekonomi kreatif. (wol/aa/data1)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Ijeck: Hari Ini Kita Tentukan Pemimpin Bangsa

MEDAN, Waspada.co.id – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Musa Rajekshah, bersama istri yang juga Wakil ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: