_
Home / Sumut / Gubsu: Perbanyak Pasokan Air Bersih
foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

Gubsu: Perbanyak Pasokan Air Bersih

MEDAN, Waspada.co.id – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi, memimpin rapat evaluasi penanganan pengungsi korban erupsi Gunung Sinabung di ruang rapat Kantor Gubernur, Medan, Selasa (12/3).

Pada kesempatan tersebut, Gubsu mengingatkan Pemkab Karo dan pihak terkait memperhatikan sumber air bersih pada relokasi tahap III pengungsi erupsi Sinabung. Edy mengatakan pasokan air bersih harus diperbanyak.

“Jika tidak ada air bersih, pembangunan relokasi pengungsi tersebut akan percuma.“Saya percaya pasti banyak pasokan air di Karo itu, saya tak percaya kalau di Karo tidak ada air,” ujarnya.

Pasokan air juga dibutuhkan untuk mengairi lahan pertanian, termasuk pertanian yang nanti akan digarap oleh warga relokasi. Selain itu, kata Gubsu, masa depan Sumut juga ada di Karo sebagai salah satu sentra usaha pertanian.

“Tanah Karo adalah tempat yang sangat memungkinkan untuk menghidupi Sumatera Utara, makanya saya mau segera itu dilakukan,” tuturnya.

Tak lupa, Edy turut berpesan agar di tempat relokasi dibangun fasilitas umum seperti lapangan olahraga, sepakbola atau bola voli. Di akhir, mantan Pangkostrad tersebut menegaskan relokasi tahap ketiga tersebut.

“Semua pihak termasuk Pemkab, TNI, Polri dan pihak terkait harus bersinergi dalam hal tersebut,” seru Gubsu.

Bupati Karo, Terkelin Brahmana, mengatakan relokasi tahap III sudah ditetapkan di Siosar. Pembangunan tersebut berdasarkan pengembangan dari relokasi tahap pertama yang dilakukan pada tahun 2014 hingga 2015. Disebutkan, lahan usaha tani sendiri sudah mendapatkan izin tukar menukar dari Kementerian Kehutanan seluas 480 hektar.

Disampaikan, alokasi anggaran relokasi tahap ketiga Siosar ini sebesar Rp161 miliar di Sigarang-garang, Sukanalu, Mardingding, dan Dusun Lau Kawar. Dalam relokasi tahap ketiga akan dibangun rumah untuk 892 KK, lahan usaha tani untuk pengungsi plus fasilitas umum dan sosial yang diperlukan masyarakat, seperti jalan, masjid, gereja, air bersih, dan lainnya. (wol/aa/data2)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Gubsu Lantik Direktur RSU Haji Medan

MEDAN, Waspada.co.id – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi, melantik dr Khainir Akbar Yusuf Sp ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: