_
Home / Sumut / Gubsu Minta Percepat Studi Kelayakan Jalan Tol Dalam Kota
foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

Gubsu Minta Percepat Studi Kelayakan Jalan Tol Dalam Kota

MEDAN, Waspada.co.id – Rencana pembangunan Jalan Tol Dalam Kota Medan (Medan Intra Urban Toll Road-MIUTR) yang merupakan inisiatif Pemprovsu memasuki babak baru. Pada Kamis (14/8), dilakukan Pencanangan Pelaksanaan Studi Kelayakan Pengusahaan Jalan Tol Dalam Kota Medan di Kantor Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumut.

Pencanangan ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan Nota Kerja Sama Pembangunan Jalan Tol Dalam Kota Medan oleh Pemprovsu bersama Pemko Medan, Pemkab Deliserdang, dan PT Citra Marda Nusaphala serta PT Adhi Karya pada 1 Maret lalu. Gubernur Sumut (Gubsu), Edy Rahmayadi, merasa senang karena apa yang diprakarsainya tersebut bisa terealisasikan.

“Hari ini hati saya berbunga-bunga, karena belum sampai setahun, apa yang saya mimpikan dan rakyat Sumut inginkan bisa terealisasi walau masih dalam tahap pencanangan, tapi bila tidak kita bangun sekarang tiga tahun mendatang jalan di Kota Medan akan stagnan,” ucap Gubernur.

Gubernur pun berharap pembangunan fisik jalan tol sepanjang 30,97 kilometer itu dapat dilakukan sesegera mungkin agar secepatnya dinikmati masyarakat serta mengurangi kepadatan arus lalu-lintas di Kota Medan dan sekitarnya. Karena itu, investor yang akan studi kelayakan diharapkan segera diselesaikan.

“Ini adalah kebutuhan konkrit rakyat Sumut, khususnya Kota Medan. Setelah ini, mari kita serahkan kepada ahlinya untuk studi kelayakan pembangunan Tol Dalam Kota ini, Kementerian PUPR tadi bilang standar waktu dibutuhkan 10 bulan, tapi saya dorong agar enam bulan selesai,” ucap Edy.

Jalan Tol Dalam Kota Medan akan dibangun dalam tiga seksi, meliputi Helvetia-Titikuning sepanjang 14,28 km (seksi I), Titikuning-Pulo Brayan sepanjang 12,44 km (seksi II), dan Titikuning-Amplas sepanjang 4,25 km (seksi III) dengan total panjang mencapai 30,97 km.

“Kegiatan Pencanangan Pelaksanaan Studi Kelayakan Pembukaan Jalan Tol Dalam Kota ini bisa terealisasi berkat dukungan dan keseriusan Pemprovsu. Melihat pemaparannya, maka Sumut menjadi provinsi dengan rating tertinggi (dalam pembangunan) di Indonesia,” puji Dirjen Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Kementerian PUPR, Eko D Heripoerwanto. (wol/aa/data1)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

PSMS Tak Bakal Anggap Enteng Blitar United

MEDAN, Waspada.co.id – PSMS Medan akan dijamu Blitar Bandung United pada pekan ke-17 Liga 2 ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.