Home / Fokus Redaksi / Gubsu Minta Pameran Surat Kabar Diperpanjang
WOL Photo/Ega Ibra

Gubsu Minta Pameran Surat Kabar Diperpanjang

MEDAN, Waspada.co.id – Animo masyarakat yang begitu tinggi melihat Pameran Satu Abad Surat Kabar Sumatera Utara hingga hari ketiga, Jumat (8/2), memaksa Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi meminta pameran diperpanjang.

Pengunjung, mulai dari mahasiswa, masyarakat hingga tokoh pers tampak antusias melihat satu demi satu pajangan koran terbitan mulai tahun 1916 di Lobi Kantor Gubsu. Karena itu, Gubsu meminta pameran yang menampilkan sedikitnya 80 koran asli dari tahun 1880-1942 diperpanjang hingga Selasa (12/2) nanti serta hari Sabtu dan Minggu tetap buka.

“Jangan dibongkar hari ini ya, agar orang terus bisa melihat,” kata Gubsu.

Menurut Gubsu, pameran harus diperpanjang karena banyak pelajaran yang dapat dipetik dari koran-koran masa lalu yang dipamerkan. Edy mengatakan pameran ini saatnya mengenang sekilas masa lalu di mana surat kabar selalu membuat berita menyemangati pemerintah dan rakyat untuk membangun.

“Hal itulah yang harus dicontoh oleh koran-koran sekarang. Marilah kita bersikap untuk membangun, marilah kita belajar dari koran masa lalu,” harap Gubsu.

WOL Photo/Ega Ibra

Di antara para pengunjung, terlihat putri tokoh pers nasional dan pendiri Harian Waspada, H Mohammad Said dan Hj Ani Idrus, yakni Hj Rayati Syafrin dan Hj Saida Said. Turut mendampingi Austin Tumengkol yang juga cucu pendiri sekaligus Pemimpin Redaksi Waspada Online.

“Ini pameran cukup menginspirasi, sejenak kita diingatkan kembali tentang sejarah pers. Pada waktu muda, saya malah hanya baca beberapa koran saja, di sini saya kaget ternyata banyak sekali surat kabar yang terbit sebelum Harian Waspada,” ujar Hj Rayati juga Pemimpin Umum Harian Waspada.

Dengan banyaknya anak muda yang mulai melupakan sejarah, Rayati pun berpesan bahwa sejarah itu penting dan anak-anak milenial sekarang harus banyak mencari inspirasi pada generasi terdahulu.

“Orang pada zaman dahulu itu hebat, bisa menulis dengan baik padahal belum ada sekolah khusus untuk itu (jurnalistik), tapi mereka sudah berpikir bagaimana caranya bisa menerbitkan surat kabar. Semangat itulah yang harus diwariskan pada generasi sekarang,” tutur Rayati yang juga sempat berjumpa Wagubsu Musa Rajekshah.

Sebelumnya, para pengunjung khususnya pelajar Mts Taman Siswa Medan tampak antusias melihat kedatangan Gubsu di lokasi pameran dan ramai-ramai mengajak foto bersama. Kepala Mts Taman Siswa, Fitri Idris, mengaku sengaja mengajak siswa mengenal manfaat surat kabar sebagai salah satu media pembelajaran. (wol/aa/data2)

editor: M AGUS UTAMA

Check Also

Air Danau Toba Tercemar, Luhut Ambil Langkah Perbaikan

MEDAN, Waspada.co.id – Kondisi air Danau Toba, Sumatera Utara yang tercemar diduga disebabkan bangkai ikan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: