Home / Sumut / Gubsu Jadi Panutan Penyampaian SPT Tahunan Melalui e-Filing
WOL Photo

Gubsu Jadi Panutan Penyampaian SPT Tahunan Melalui e-Filing

MEDAN, WOL – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr. Ir. H. Tengku Erry Nuradi, M.Si menyampaikan SPT Tahunan di ruang kerjanya pada Senin (26/2). SPT disampaikan melalui e-Filing dengan proses yang mudah, cepat dan akurat. Bukti Penerimaan Elektronik (BPE) SPT dikirimkan melalui email dan disampaikan secara simbolis oleh Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Kota, Sandra Buana, tempat Gubernur terdaftar.

Penyerahan BPE disaksikan yang Kepala Kanwil DJP Sumatera Utara I, Mukhtar, turut dihadiri Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Agus Tripriyono dan Kepala Bidang P2Humas Kanwil DJP Sumatera Utara I, Dwi Akhmad Suryadidjaya.

Usai menyampaikan SPT Tahunan secara online, Gubsu Erry menyampaikan bahwa penyampaian SPT Tahunan ini merupakan kewajiban yang dilakukan seluruh wajib pajak. Hal ini sesuai dengan Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 8 Tahun 2015 tentang Kewajiban Penyampaian Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Penghasilan Wajib Pajak Orang Pribadi.

Dalam SE tersebut dijelaskan bahwa setiap wajib pajak termasuk Aparatur Sipil Negara/Anggota Tentara Nasional Indonesia/ Kepolisian Republik Indonesia melalui e-Filing, ASN/TNI/Polri wajib memiliki NPWP wajib menyampaikan SPT Tahunan PPh melalui e-Filing dengan benar, lengkap, jelas dan tepat waktu.

“E-Filing merupakan suatu cara penyampaian SPT secara elektronik yang dilakukan secara online dan real time melalui internet pada website Direktorat Jenderal Pajak (http://www.pajak.go.id) atau Penyedia Layanan SPT Elektronik atau Application Service Provider (ASP), “ ujar Erry Nuradi.

Dilanjutkan Erry bahwa layanan e-Filing melalui website Direktorat Jenderal Pajak telah terintegrasi dalam layanan DJP Online, yang dapat diakses pada tautan https://djponline.pajak.go.id. Bagi wajib pajak yang hendak menyampaikan laporan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi dengan menggunakan Formulir 1770, 1770S dan 1770SS dapat mengisi dan menyampaikan laporan SPT-nya secara langsung pada aplikasi e-Filing di DJP Online.

Untuk itu, Saya menghimbau seluruh masyarakat Sumatera Utara (Sumut) untuk melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) lebih awal sebelum jatuh tempo. Batas waktu penyampaian SPT Tahunan PPh Tahun 2017 bagi Wajib Pajak Orang Pribadi adalah 31 Maret 2018, sedangkan untuk Wajib Pajak Badan adalah 30 April 2018, pungkas Gubsu Erry Nuradi. (wol/data2)

Editor: RIDIN

Check Also

Gubernur Sumut Ajak Masyarakat Sukseskan GISA

MEDAN, Waspada.co.id – Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, mencanangkan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: