Home / Sumut / Gubsu: Hentikan Buang Sampah ke Sungai
foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

Gubsu: Hentikan Buang Sampah ke Sungai

MEDAN, Waspada.co.id – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi, didampingi Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution dan rombongan menyusuri Sungai Babura, Sabtu (20/4).

Kegiatan susur sungai yang digelar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut dan Badan Wilayah Sungai (BWS) tersebut dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana yang jatuh pada 26 April nanti.

Pada kesempatan itu, Gubsu meminta seluruh masyarakat agar tidak lagi membuang sampah ke sungai. Hal ini agar air sungai tidak tercemar dan jorok serta terjaga kelestarian lingkungannya. Hal terpenting lainnya tidak menghambat arus sungai yang dapat menyebabkan bencana banjir ketika musim hujan.

“Karena sampah itu yang membuat sungai tercemar, rusak, dan pada akhirnya sungai yang seharusnya menjadi simbol kesejahteraan makhluk hidup yang ada di dunia ini menjadi bencana, karena ulah manusia sendiri,” ucap Edy.

Gubsu juga meminta kepada pihak terkait, untuk melakukan pembersihan sampah di sepanjang aliran sungai, mulai minggu depan. Sehingga sungai kembali bersih dan bebas sampah. Disebutkan, mulai minggu depan harus dibersihkan.

Sebelum acara Susur Sungai dimulai, Gubernur sempat memberikan pengarahan. Dikatakannya, bahwa kegiatan Susur Sungai tersebut penting untuk mengevaluasi keadaan sungai yang ada di Kota Medan.

“Kita bukan bertamasya, hari ini kita mengevaluasi keadaan sungai yang ada di Kota Medan, kalau bisa kegiatan seperti ini setiap bulan kita lakukan, karena kalau sungai kita terus terusan dibiarkan keadaanya seperti ini, bisa jadi puluhan tahun ke depan anak cucu kita bakal memiliki paru paru yang tidak baik, jadi hentikan membuang sampah ke sungai,” ujar Edy.

Usai pengarahan, Gubsu bergegas menuju perahu karet yang telah disediakan BPBD Sumut ditemani Wakil Wali Kota Medan dan Kepala BPBD Sumut Riadil Akhir Lubis. Susur Sungai dimulai dari kawasan Kantor Lurah Beringin, Jalan Pasar Mati Padang Bulan hingga Taman Beringin atau Taman Sudirman (depan Rumah Dinas Gubernur) dengan jarak sekira 3 km.

“Sampah itu yang difoto jangan saya, biar tahu masyarakat ini lah sampah yang mereka buang sembarangan,” ujar Edy sambil menggelengkan kepala melihat banyaknya sampah yang tersangkut.

Kepala BPBD Sumut, Riadil Akhir Lubis, mengatakan untuk tahap awal pemerintah akan melakukan pembersihan, sehingga jalannya air bisa lancar dan tidak ada sampah yang menghambat. (wol/aa/data2)

editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Edy Bahagia Buka Bersama Penyandang Disabilitas

MEDAN, Waspada.co.id – Memasuki hari ke 15 Ramadhan 1440 H, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: