_
Home / Sumut / Gubsu dan Wagubsu Jenguk Bayi Kembar Siam
foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

Gubsu dan Wagubsu Jenguk Bayi Kembar Siam

MEDAN, Waspada.co.id – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi, melakukan kunjungan dadakan ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik Medan, Jumat (12/7). Pada kesempatan itu, Gubsu didampingi Wakil Gubernur Sumut (Wagubsu) Musa Rajekshah.

Keduanya menjenguk pasien kembar siam bernama Adam dan Malik yang direncanakan akan operasi pemisahan pada 11 hari ke depan. Kunjungan tersebut terkesan mendadak, sebab Gubsu memiliki agenda lain. Namun, Edy menyempatkan diri menjenguk anak dari pasangan Juliadi Silitonga dan Nurida Sihombing asal Desa Manalu Purba, Parmonangan, Tapanuli Utara.

“Kapan mau dioperasi? Apa yang ditunggu sehingga proses operasi belum dijalankan?” tanya Edy kepada tim medis.

Menurutnya, penanganan terhadap pasien harus segera dilakukan jika memang sudah waktunya. Pun begitu, Gubsu mengakui pertimbangan medis dari dokter adalah satu hal penting guna memastikan seluruh kesiapan, mulai dari hal teknis hingga pemeriksaan kondisi pasien.

“Kalau memang sudah begitu, ya kita serahkan ke dokternya. Saya berdoa keduanya selamat, sampai jadi orang hebat,” sebut Edy.

Menjawab pertanyaan Gubsu, Prof Guslihan Dasa Tjipta yang memimpin tim dokter penanganan pasien Adam dan Malik menjelaskan kondisi kedua bayi yang lahir 22 November 2018 itu sangat baik. Karena itu, pihaknya merencanakan operasi pemisahan dilakukan pada 23 Juli mendatang.  Hanya saja, lebih dulu harus ada pemeriksaan ulang.

Hal senada disampaikan Wagubsu. Pria akrab disapa Ijeck ini berharap pelayanan di RSUP H Adam Malik bisa diikuti oleh RS lainnya di Sumut. Pasalnya, banyak pasien dari kabupaten/kota dengan jarak yang jauh dirujuk ke rumah sakit tersebut.

“Ini kan jarang terjadi. Tetapi di Sumut sudah beberapa kali ada dan berhasil dioperasi. Artinya, sumber daya manusia dokter kita tidak kalah dan peralatan kita ada. Saya harapkan ke depan ada paling tidak yang seperti RSUP H Adam Malik ini, minimal tiga untuk wilayah Sumut,” kata Ijeck.

Selain bayi kembar siam, dua pemimpin Sumut itu mengunjungi pasien yang menderita tumor di bagian mulut bernama Andra. Edy dan Ijeck memegang kepala pasien sekaligus mendoakan cepat sembuh. Di akhir kunjungan, keduanya melihat fasilitas ambulans milik RSUP H Adam Malik yang cukup baik, khususnya dalam kondisi darurat. (wol/aa/data1)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Bapomi Sumut Bidik Lima Besar Pomnas XVI

MEDAN, Waspada.co.id – Sebanyak 73 atlet Badan Pembina Olahraga Mahasiswa (Bapomi) Sumatera Utara (Sumut) diberangkatkan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.