_
Home / Sumut / Gubsu Beberkan Fokus Rencana Pembangunan Sumut
foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

Gubsu Beberkan Fokus Rencana Pembangunan Sumut

MEDAN, Waspada.co.id – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi, membeberkan rencana pembangunan berbagai fasilitas umum dan infrastruktur kepada Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Prof Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro.

Rencana pembangunan di antaranya meliputi pembangunan Sport Centre, Islamic Centre, dan Rumah Sakit Haji bertaraf internasional. Hal itu disampaikan saat memberikan laporan dan sambutan pada acara Konsultasi Regional (Konreg) penyusunan Rancangan Awal Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 di Hotel Adimulia Medan, Selasa (13/8).

Gubsu juga menyampaikan tentang rencana penambahan satu wilayah metropolitan yang ada di Sumut. Langkat adalah kabupaten yang direncanakan sebagai penambahan wilayah metropolitan yang sebelumnya hanya Kota Medan, Kota Binjai, Kabupaten Deliserdang, dan Kabupaten Karo (Mebidangro).

“Begitu tinggi potensi yang ada, baik itu pariwisata maupun perkebunan, pertanian, yang akan nanti kami diskusikan dengan Bapak yang terdapat pada lima kabupaten/kota itu,” ucap Gubsu.

Dalam kesempatan itu, Gubsu juga menyampaikan lima indikator makro yang mendukung pencapaian RPJMN 2020-2024 oleh Pemprovsu. Indikator tersebut yakni pada target laju pertumbuhan ekonomi nasional dari tahun 2020-2024 sebesar 5,4-6,0 %, di mana dukungan Provinsi Sumut terhadap capaian RPJMN pada periode yang sama sebesar 5,4-6,0 %.

Kemudian, angka Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) target nasional tahun 2020-2024 sebesar 4,0-4,6 % di mana dukungan Provinsi Sumut sebesar 5,45-5,25 %. Indeks angka gini ratio target nasional tahun 2020-2024 sebesar 0,370-0,374, di mana dukungan Provinsi Sumut sebesar 0,320-0,380.

Selanjutnya, indeks pembangunan manusia, target nasional sebesar 72,50-75,54 poin, di mana dukungan Provinsi Sumut sebesar 71,67-73,87 poin dan tingkat kemiskinan target nasional 6,5-7,0 %, di mana dukungan Provinsi Sumut sebesar 8,4-7,2 %.

Dalam arahannya, Kepala Bappenas menekankan lima prioritas yang harus dilakukan pemerintah pusat dan daerah pada capaian RPJMN sesuai instruksi Presiden Joko Widodo. Lima prioritas itu adalah pembangunan infrastruktur, pembangunan SDM, mendorong investasi, reformasi birokrasi serta penggunaan APBN.

Dijelaskan, pembangunan jalan tol Lintas Sumatera direncanakan 2024, Trans Sumatera ini sudah tersambung dari Banda Aceh sampai Bandar Lampung. Pemerintah daerah pun diminta segera menyiapkan sumber daya manusia untuk menunjang laju pembangunan. (wol/aa/data2)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Gubsu Paparkan Rencana Pembangunan Sejumlah Proyek Infrastruktur

MEDAN, Waspada.co.id– Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi, memaparkan rencana pembangunan sejumlah proyek infrastruktur dan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.