_
Home / Sumut / Gempa Madina Terasa di Nias Selatan
Ilustrasi

Gempa Madina Terasa di Nias Selatan

MADINA, WOL – Petugas Badan Penanggulangan Bencana Dearah (BPBD) masih melakukan pendataan di lapangan, pasca terjadinya gempa bumi di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) Sumatera Utara. Gempa terjadi Minggu(8/11), pukul 16.34 WIB
dengan kekuatan 6.0 SR, kedalaman 96 KM. Lokasi gempa berada di 0.57 LU, 98.71 BT, 85 Km Barat Daya.

“Sampai saat ini tidak ada korban jiwa dan kerugian materil, ” ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho Minggu(8/11).

Sutopo menyebutkan, akibat gempa selama 5 detik yang terasa kuat tersebut, menyebabkan masyarakat panik dan berhamburan keluar rumah. “Gempa juga terasa cukup kuat di Kabupaten Nias Selatan lebih kurang 5 detik. Masyarakat sempat panik dan belum ada dampak kerusakan akibat gempa itu,” ujarnya.

Lanjutnya, pusat gempa berada di laut dan gempa tidak berpotensi tsunami. “Gempa dirasakan di Sumatera Utara, Sumatera Barat.
Berdasarkan peta gempa dirasakan intensitas gempa III-IV MMI di Mandailing Natal, II-III MMI di Tapanuli Selatan, II-III MMI di Padang, III MMI di Gunung Sitoli, II MMI di Pulau Samosir, II-III MMI di Mentawai, dan III-IV di Padang Sidempuan. Posko BNPB masih terus melakukan komunikasi dengan BPBD untuk memperoleh laporan. Petugas BPBD masih melakukan pendataan di lapangan,” pungkasnya.(wol/rdn/data2)

Check Also

23 Orang Tewas Akibat Gempa M 6,8 di Ambon, Kebanyakan Tertimpa Bangunan

AMBON – Korban tewas akibat gempa bumi Magnitudo 6,8 di Kota Ambon, Maluku terus bertambah. ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.