Breaking News
Home / Fokus Redaksi / Gempa Binjai Terasa Hingga ke Medan
Istimewa
Istimewa

Gempa Binjai Terasa Hingga ke Medan

MEDAN, WOL – Sabtu (18/3) sekira pukul 17.51 WIB, Kota Medan sekitarnya diguncang gempa berkekuatan 4.8 Skala Richter (SR). Informasi yang dihimpun melalui situs resmi http://www.bmkg.go.id/, pusat gempa berada di darat, 22 km Barat Daya Binjai.

Gempa kali ini berbeda dengan gempa sebelumnya yang memiliki kedalaman cukup jauh dari permukaan bumi, namun gempa kali ini hanya 5 Km. Goncangannya pun tak memakan waktu lama, hanya 5 detik. Daerah yang sangat merasakan getarannya berada di Medan dan Tuntungan sekitarnya.

Menurut hasil analisis BMKG, gempa di Sumatera Utara tergolong cukup langka. Di mana gempa tersebut dipicu oleh aktivitas sesar lokal. Peta geologi lembar Medan menunjukkan bahwa di wilayah Namorambe dan Simpangdurianpitu yang berdekatan dengan lokasi episenter memang terdapat berapa struktur kelurusan (lineament) yang diduga sebagai struktur sesar.

“Wilayah Namorambe, Talun Kenas dan Simpangdurianpitu yang masuk dalam Kabupaten Deliserdang termasuk kawasan tingkat aktivitas kegempaan sangat rendah (low seismicity region),” ungkap Kepala Bidang Mitigasi Gempa bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, belum lama ini.(wol/mrz/data2) 

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

WOL Photo/Ilham

Inilah Keterangan Pihak USU Soal Pertikaian Satpam dan Mahasiswa

MEDAN, WOL – Terkait pertikaian antar  satpam dengan mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU), Humas USU ...

  • Fanny Queen

    mau berita yang lebih seru lagi? kunjungi saja blog kami bro https://goo.gl/Abo2kk

  • Linda Kim

    Ayo buruan gabung dan dapat kan bonus cashback dan refferal nya sekarnag juga hanya ada di bunda poker langsung ja di http://bit.ly/2diXEHZ

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.