_
Home / Sumut / Gandeng Unhan, Pemprovsu Tingkatkan Profesionalitas ASN
foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

Gandeng Unhan, Pemprovsu Tingkatkan Profesionalitas ASN

MEDAN, Waspada.co.id – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) kerja sama dengan Universitas Pertahanan (Unhan) Indonesia untuk meningkatkan profesionalitas Aparatur Sipil Negara (ASN).

Hal ini ditandai dengan penandatanganan tiga Nota Kesepahaman oleh Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi di Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro Medan, Kamis (18/7). Kerja sama itu meliputi beasiswa S2 di Unhan serta kerja sama di bidang penelitian dan pengabdian masyarakat, sehingga diharapkan ASN di lingkungan Pemprovsu lebih profesional.

“Kerja sama kita dengan Unhan bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) terutama ASN kita. Mereka belajar di sana dan membawa ilmu ke sini untuk diterapkan di Sumut, itu harapan kita,” kata Edy.

Saat ini, ada empat fakultas di Unhan dengan 17 Program Studi S2. Untuk S3 hanya ada Program Studi Ilmu Pertahanan. Nantinya, ASN yang studi di Unhan akan disesuaikan dengan kebutuhan Pemprovsu, namun saat ini banyak memilih Manajemen Bencana dan Resolusi Konflik. Pemprovsu juga akan menilai ASN yang diutus studi di Unhan secara gratis.

“Tentunya kita punya indikator-indikator para ASN yang akan studi di Unhan dan kebutuhan di sini. Yang menarik, Manajemen Bencana dan juga Resolusi Konflik karena sangat dekat dengan kebutuhan kita. Tetapi, kita juga tidak menutup kemungkinan studi program lainnya. Dengan begitu, ASN yang sudah belajar di sana meningkat secara kapasitas dan kapabilitasnya,” kata Asisten Administrasi Umum dan Aset, Mhd Fitriyus.

“Selain beasiswa, kita juga bekerja sama di bidang penelitian, kita akan meneliti bersama soal masyarakat, pendidikan, sosial, pertahanan negara, dan lainnya. Untuk pengabdian masyarakat kita bisa latihan bersama atau pendidikan singkat untuk bela negara,” kata Wakil Rektor III Unhan, Mayjen TNI Hipdizah.

Unhan akan membuka pendaftaran pada bulan Januari hingga April serta menampung sekitar 300 mahasiswa baru. ASN Pemprovsu sendiri harus menunggu tahun depan untuk mendapat beasiswa di kampus tersebut. (wol/aa/data2)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Kepala BKKBN Sumut Sematkan Satyalancana Karya Satya Bagi 7 ASN

MEDAN, Waspada.co.id – Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara menyematkan penghargaan Satyalancana Karya Satya yang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.