Home / Sumut / Galang Solidaritas, Jurnalis dan Diskominfo Sumut Gelar Outbound
WOL Photo

Galang Solidaritas, Jurnalis dan Diskominfo Sumut Gelar Outbound

 MEDAN, WOL – Sejumlah jurnalis mengikuti outbound di Kampung Ladang Desa Tanjung Anom Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deliserdang, Sabtu (23/4). Kegiatan sehari penuh itu juga diikuti para PNS dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pemprov Sumut.

Pelaksana Tugas Gubernur Sumatera Utara (Plt Gubernur Sumut) Tengku Erry Nuradi dalam sambutan tertulis dibacakan Kepala Dinas Kominfo Sumut Jumsadi Damanik, didampingi Kabid Pendapat Umum Hubungan Kelembagaan Rosmidar dan kepala Seksi Hubungan Lembaga dan Kemitraan Abdul Aziz Batubara memberi apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini.

“Intinya, kegiatan yang digelar rutin setiap tahun ini, ditujukan untuk membangun soliditas kerja sama antara insan pers dengan Pemprov Sumut, terutama Dinas Kominfo Sumut,” ujarnya.

Karenanya, lanjut Jumsadi yang juga Pj Wali Kota Pematang Siantar ini, kita buat tema acara kali ini dengan outbound jurnalis dalam rangka pembekalan tata kepemimpinan jurnalis untuk mendukung good government. “Tema ini sangat relevan dewasa ini,” ujar Jumsadi saat membacakan pidato Plt Gubsu.

Mengacu pada tema acara, lanjut Jumsadi, jelaslah bahwa pengharapan yang ingin digalang pihaknya adalah meningkatkan kebersamaan antara wartawan dengan Pemprov Sumut.

“Kegiatan ini sangat positif, karena kita dilatih untuk mampu menyesuaikan diri dengan perubahan. Bahkan kita akan dibentuk menjadi pribadi yang profesional berkinerja prima,” ujarnya.

Melalui kegiatan ini, Jumsadi merasakan bahwa setiap peserta baik itu secara sadar ataupun tidak, telah dituntut untuk menjalin kerjasama dengan peserta lainnya dalam menyelesaikan masalah.

“Sejatinya, melalui outbound kita disadarkan bahwa pekerjaan akan semakin cepat selesai jika dikerjakan bersama. Dan, kegiatan ini menjadi jembatan di antara kita untuk lebih mempererat silaturrahim,” ucapnya.

Kegiatan yang ditutup Kabid Pendapat Umum Hubungan Kelembagaan Rosmidar didampingi Kepala Seksi Hubungan Lembaga dan Kemitraan Abdul Aziz Batubara ini guna melatih kemampuan terutama menumbuhkan jiwa leadership yang mungkin selama ini tidak nampak.

Beberapa metode outbound training menggunakan permainan atau kegiatan yang telah diatur skenario-nya untuk membawa suatu team ke dalam suatu permasalahan. Dan saat tim tersebut berjuang mengatasi masalah yang ada, maka jiwa leadership seseorang akan muncul. Melatih kerjasama tim.

Kegiatan outbound training dalam bentuk permainan yang melatih masing-masing individu yang mungkin terbiasa bekerja sendiri untuk dapat bahu membahu bersama timnya di dalam menyelesaikan permainan. Kesimbangan antara pola berpikir realistis, konseptual dan “feeling” seseorang adalah senjata yang sangat ampuh di dalam mengambil keputusan.

Metode kegiatan aktualisasi diri yang dikemas dalam kegiatan permainan akan memberikan rasa suka cita yang optimal secara tidak langsung akan mempengaruhi kinerja untuk menjadi lebih optimal.

Lokasi outbound  berada di atas lahan yang sesuai untuk kegiatan alam terbuka dengan beragam permainan uji nyali juga tersedia di sana. Di antaranya, flying fox, climbing rope dan lainnya.(wol/rdn/data3)

Check Also

Tengku Erry: Pilih Pemimpin Yang Berpengalaman

MEDAN, Waspada.co.id – Tokoh masyarakat Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi mengatakan mengelola pemerintahan tidak segampang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: