Home / Sumut / FRB Sumut Akan Gelar Rapat Akbar Rakyat Miskin
WOL Photo

FRB Sumut Akan Gelar Rapat Akbar Rakyat Miskin

MEDAN, WOL – Forum Rakyat Bersatu (FRB) Sumatera Utara akan menggelar Rapat Akbar 500.000 Massa Rakyat Miskin Se-Sumatera Utara pada awal Mei 2018 di Medan.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Wilayah FRB Sumut, Abdin Jaini Sembiring, menyebutkan rapat akbar tersebut dilatarbelakangi situasi ekonomi bangsa yang semakin sulit, hingga sampai saat ini angka kemiskinan semakin bertambah dimana warga miskin dihadapkan pada situasi dilema yang sangat serius.

“Rakyat  terpaksa harus menerima tekanan kehidupan dan ketidak adilan ekonomi. Kebijakan pemerintah selama ini terkesan berpihak kepada kepentingan tingkat elit pengusaha, perusahaan perkebunan swasta nasional, berdampak pada melemahnya daya kelola dan aktifitas ekonomi rakyat sehingga banyak rumah tangga miskin yang mengalami penderitaan berkepanjangan,” tegas Jeni Sembiring didampingi para pengurus lainnya Sekretaris FRB Ir Abdul Rahman MPd, Prederik Onto Hutapea, Tuan Guru Ustadz Sabarudin Sagala, Murwinto Malik, Joni Siregar dan Abduh Rawi kepada wartawan di Medan, Rabu (14/2).

Dijelaskan Jaini Sembiring, dengan bertambahnya kemiskinan maka dapat disimpulkan bahwa persoalan ekonomi di Sumatera Utara bukan persoalan sederhana. Persoalan ini sudah berada pada posisi kritis, yang dikhawatirkan akan berdampak pada kehancuran system sosial, politik, ekonomi, moral, dan budaya rakyat Indonesia.

“Kami akan terus memperjuangkan amanah Bung Karno sebagai Bapak Proklamator untuk mengisi Kemerdekaan menuju masyarakat yang adil, makmur, dan sejahtera,” jelas Ketua DPW FRB Sumut, yang selama ini komitmen terhadap perjuangan rakyat miskin.

Sekretaris FRB Sumut, Ir Abdur Rahman MPd, menambahkan Rapat Akbar juga dalam rangka menampung aspirasi dan besarnya harapan rakyat yang rindu terhadap seorang pemimpin yang mampu menegakkan keadilan dan cinta pada rakyatnya, mampu meningkatkan kebutuhan dan kesejahteraan hidup rumah tangga rakyat miskin. Rakyat merasakan betapa pentingnya lahan pertanian sebagai sarana pokok penunjang kesejahteraan rakyat sebagai dari cita-cita Proklamasi RI “Sejahtera, Adil dan Makmur“ guna tercapainya kedaulatan pangan sebagai pilar utama kedaulatan bangsa.

“Dalam Rapat Akbar tersebut akan meminta meminta kesungguhan dan komitmen Pemerintah Sumatera Utara untuk mengambil lankah-langah kebijakan dalam penyelesaian konflik agraria, Kapal Pukat harimau, Pekerja Kontrak, jaring Pengaman sosial, modal usaha UKM, Persamaan Hak, Rumah Murah, Lapangan Kerja, Pendidikan, Lingkungan hidup, Akses Hukum dan Keadilan serta persoalan rakyat miskin lainya di Sumatera Utara,” sebut Abdul Rahman.

Pengurus lainnya, Prederik Onto Hutapea yang juga Koordinator Aliansi Ormas Pembela Rakyat Miskin Sumut sebagai koordinator Panitia Mengatakan Rapat Akbar tersebut akan di ikuti dari golongan Petani miskin, Buruh Tani, Nelayan, Pedagang Kaki Lima, Buruh Bangunan, Kaum Miskin Kota, pembantu rumah tangga, sopir angkot, tukang beca, Ojek, Kaum pencari kerja (Pengangguran) dan masyarakat miskin lainnya yang datang dari seluruh provinsi Sumatera Utara.

“Sumatera Utara untuk tidak melakukan rencana okupasi baik dalam lahan sengketa HGU, Eks HGU, dan Non HGU. Sebelum ada penyelesaian dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah karena akan memicu konflik yang dapat menimbulkan gangguan kamtibmas di Sumatera Utara menjelang pilkada serentak mendatang di Sumatera Utara.

Sementara itu Ketua Umum DPP FRB Indonesia, Drs Prabualam Syahputra Msi, dalam keterangannya di tempat terpisah membenarkan rencana rapat akbar rakyat miskin di Sumut pada awal Mei mendatang.

“Kita doakan ini akan berjalan dengan aman, kondusif dan membawa berkah buat kehidupan rakyat miskin Sumut,“ ujarnya.(wol/rdn)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

KPU: Parpol Masih Bisa Ganti Nama Bacaleg

MEDAN, Waspada.co.id – Komisi Pemilihan Umum Sumatera Utara (KPU Sumut) mengungkapkan partai politik masih diperbolehkan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: