Breaking News
Home / Sumut / FPKM Langkat: RSUD Tanjungpura Harus Dikelola Profesional
Ketua Forum Peduli Kesehatan Masyarakat (FPKM) Kabupaten Langkat, Soerkani SE. (Istimewa)
Ketua Forum Peduli Kesehatan Masyarakat (FPKM) Kabupaten Langkat, Soerkani SE. (Istimewa)

FPKM Langkat: RSUD Tanjungpura Harus Dikelola Profesional

STABAT, WOL – Ketua Forum Peduli Kesehatan Masyarakat (FPKM) Kabupaten Langkat, Soerkani SE, mendesak Pemkab Langkat segera merekomendasikan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tanjung Pura ke pemerintah pusat. Di mana perkembangan industri rumah sakit semakin tampak dengan berbagai kebijakan pemerintah dalam meningkatkan mutu pelayanan publik.

Dikatakan, mutu pelayanan yang bisa diterima oleh masyarakat pengguna, merupakan isu penting dalam bidang kesehatan, khususnya pelayanan di rumah sakit. “Pada sisi lain, rumah sakit yang terbanyak di Indonesia adalah rumah sakit milik pemerintah, yang pada dasarnya masih dikelola secara birokrasi, akibat kepemilikan pemerintah dan persepsi awal bahwa rumah sakit adalah mutlak merupakan institusi yang bersifat sosial,” ungkapnya, Sabtu (29/7).

Lebih lanjut Soerkani menambahkan, akhir-akhir ini kesadaran mulai timbul dari berbagai pihak, baik pemerintah maupun para pakar dan pemerhati rumah sakit di Indonesia. Bahwa tidak bisa lagi suatu institusi rumah sakit termasuk rumah sakit milik pemerintah, dikelola secara birokratis. Karena di rumah sakit-rumah sakit terjadi transaksi-transaksi, yang mau tidak mau harus dikelola dengan menggunakan prinsip-prinsip bisnis.

“Kaitan dengan telah terbitnya Undang Undang No. 1 tahun 2004 Tentang Perbendaharaan Negara, yang ditindak lanjuti dengan PP No. 23 tahun 2005 tentang Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (BLU) dan Peraturan Menteri Keuangan RI di antaranya yang berkaitan dengan tatacara administratif dan sistem remunerasi di PPK-BLU, menyadarkan kita semua bahwa rumah sakit haruslah dikelola dengan konsep bisnis sehat,” ujarnya.

Namun suatu hal yang menarik bahwa, lanjut Soerkani, masa sekarang dan mendatang rumah sakit Pemerintah Kabupaten Langkat atau dalam hal ini RSUD Tanjung Pura sangat erat kaitannya dengan pelayanan publik yang paling mendasar, haruslah dikelola secara profesional dan efektif yang bisa memberikan pelayanan yang berkualitas standar.

“Salah satu kebutuhan yang sangat mendesak tersebut adalah pelayanan oleh dokter spesialis, mengingat RSUD Tanjung Pura sekarang sudah Kelas C, yang berarti merupakan rumah sakit rujukan yang mengharuskan pelayanan spesialis,” jelasnya lagi.

Berdasarkan permasalahan tersebut, ucap Soerkani, FPKM Kabupaten Langkat mendesak Pemkab Langkat untuk segera merekomendasikan kepada Pemerintah Pusat agar Rumah Sakit Umum Daerah Tanjung Pura yang sudah seharusnya memerlukan pola pelayanan dengan BLUD. Sehingga masyarakat Langkat yang membutuhkan pelayanan kesehatan akan lebih baik dapat terlayani kedepannya.

“Tidak ada alasan Pemkab Langkat untuk menunda-nunda BLUD RSUD Tanjung Pura. Kenapa, agar pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah tidak tertinggal jauh dengan rumah sakit swasta. Dengan begitu pelayanan paripurna bagi masyarakat Langkat dapat segera terwujud dengan kehadiran BLUD,” pungkasnya. (wol/rls/mrz)

Editor: Agus Utama

Check Also

WOL Photo

KPUD Buka Pendaftaran Pasangan Bakal Calon Perseorangan

MEDAN, WOL – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara, mulai Rabu, (22/11) sampai Minggu ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.