Home / Sumut / FITRA: Pengembalian Uang Ketok Anggota DPRD Sumut Tak Hilangkan Delik Pidana
WOL Photo/Ega Ibra

FITRA: Pengembalian Uang Ketok Anggota DPRD Sumut Tak Hilangkan Delik Pidana

MEDAN, Waspada.co.id – Kalangan di Sumatera Utara memberikan apresiasi kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena belasan mantan dan anggota DPRD Sumut yang telah mengembalikan uang suap (uang ketok) yang mereka terima saat lembaga anti rasuah tersebut melakukan pemeriksaan di Mako Brimobdasu, Jalan Wahid Hasyim Medan.

Direktur Eksekutif Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) Sumut, Rurita Ningrum, menyebutkan penegakan hukum dan pemberantasan korupsi seharusnya memang tidak pandang bulu.

“Siapapun pelaku yang dengan sengaja atau turut serta dalam melakukan korupsi, harus mendapat hukuman yang setimpal. Walaupun pengembalian uang hasil korupsi itu dikembalikan, tapi itu tidak menghilangkan pidananya,” kata Rurita kepada Waspada Online Jumat (20/4).

Lebih jauh Ruri menegaskan bahwa upaya KPK untuk mengembalikan kerugian negara sudah tepat dengan cara melakukan pemeriksaan secara intensif terhadap para tersangka. “”Apapun ceritanya pengembalian uang korupsi yang dilakukan tidak akan menghilangkan sanksi pidananya, sekalipun koruptor tersebut menjadi Wistleblower (Pelapor pelanggaran, red.).

Pengakuan dan pengembalian uang hasil korupsi yang mereka (mantan dan anggota DPRD Sumut) lakukan itu hanya meringankan sanksi hukuman pelaku, bukan menghilangkan hukuman pidananya,” jelas Ruri menjawab soal adanya desas-desus yang beredar bahwa yang mengembalikan uang suap tersebut akan di ‘loloskan’ dari hukuman. (wol/data1)

Editor: RIDIN

Check Also

KPK: Aris Budiman Punya Integritas di Atas Rata-Rata, Bakal Jadi Orang Besar

  JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan merombak tiga jabatan penting di lembaga antirasuah. ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: