Home / Sumut / Fasilitas RSJ di Sumut Masih Minim
Ilustrasi

Fasilitas RSJ di Sumut Masih Minim

MEDAN, WOL  – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara diharapkan menambah fasilitas di Rumah Sakit Jiwa Daerah, terutama sarana tempat tidur bagi pasien.

Ketua Komisi E DPRD Sumut Efendi Panjaitan di Medan mengatakan, dari hasil reses daerah pemilihan Sumut 1 dan Sumut 2 baru-baru ini, diketahui bahwa RSJ yang berada di kawasan Tuntungan itu mengalami kekurangan tempat tidur bagi pasien.

Dari keterangan Direktur RSJ Daerah Sumut dr Chandra Syafei Pasaribu, diketahui tempat tidur di lokasi itu sebanyak 450 unit.

“Sedangkan jumlah pasien yang ada lebih dari 450 orang, berarti terjadi kelebihan daya tampung,” kata politisi PDI Perjuangan itu.

Kondisi itu menimbulkan dilema bagi masyarakat karena kelebihan kapasitas tersebut memaksa mereka untuk membawa anggota keluarga yang sakit untuk berobat jalan.

“Kalau pasien itu orang Medan atau memiliki keluarga di Medan, mungkin tidak terlalu masalah. Namun bagaimana kalau pasiennya dari luar kota dan tidak memiliki keluarga di sini,” kata Efendi.

Pihaknya mendapatkan informasi bahwa manajemen RSJ Daerah telah mengajukan anggaran untuk penambahan fasilitas tempat tidur tersebut ke Pemprov Sumut, namun ajuan tersebut belum mendapat persetujuan.

Karena itu, pihaknya meminta Pemprov Sumut untuk menyetujui dan merealisasikan anggaran tersebut untuk menambah fasilitas di RSJ Daerah tersebut.

Apalagi RSJ tersebut masih memiliki lahan kosong yang dapat digunakan sebagai lokasi pembangunan gedung baru untuk penambahan kamar dan tempat tidur. (antara/data2)

Check Also

Gubernur Edy Tepung Tawari Kafilah MTQN XXVII Asal Sumut

MEDAN, Waspada.co.id – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menepungtawari dan melepas kafilah Musabaqah Tilawatil ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: