Home / Sumut / Erry: Tahun Baru Islam Momentum Mengkaji Diri
WOL Photo

Erry: Tahun Baru Islam Momentum Mengkaji Diri

MEDAN, WOL – Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi dan Wali Kota Medan Dzulmi Eldin bersama ribuan jamaah menghadiri  Doa dan Dzikir Bersama  dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharam 1439 H di Lapangan Benteng Medan, Kamis (21/9). Dengan penuh khusuk ribuan masyarakat mengikuti Dzikir dan Doa Bersama yang dipandu KH Buya Amiruddin MS.

Hadir juga Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Sandi Nugroho, Dandim 0201/BS Kol Inf Bambang Herqutanto, Sekda Kota Medan Syaiful Bahri Lubis, pimpinan SKPD di lingkungan Pemko Medan, camat, lurah kepala lingkungan, alim ulama, tokoh masyarakat serta ibu-ibu pengajian.

Dalam kesempatan itu, Gubsu mengatakan acara peringatan Tahun Baru Islam ini merupakan momentum yang tepat untuk mengkaji kembali apa yang telah dilakukan selama tahun lalu.

“Ini momentum kita untuk mengkaji diri apa yang telah kita lakukan selama tahun lalu, baik yang berhubungan dengan ibadah kepada Allah SWT maupun hubungan sesama manusia sebagai mahkluk sosial. Disamping itu perlu juga dikaji kembali peran serta kita dalam mensukseskan pembangunan di Medan maupun di Sumut,” ujar Erry.

Dikatakan Erry, satu hal yang penting menjadi perhatian dalam menyambut tahun baru Islam ini adalah bagaimana upaya kita, untuk mendorong peningkatan semangat dan kemauan kita dalam merubah sikap mental individu sebaai upaya dalam proses kebangkitan dunia Islam ke depan.

“Sebagaimana kita ketahui hijrah nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah telah membawa perubahan dari zaman jahiliyah menuju peradaban yang mahdaniah di bawah naungan cahaya ilahi,” tutur Erry.

Oleh karenanya, umat Islam diharapkan dapat memaknai hijrah sebagai momentum perubahan diri menjadi lebih baik, hijrah mengandung makna pemisah yang benar dan yang bathil, mengubah mental perilaku dari yang tidak baik menjadi baik.

Check Also

Tahun Baru Hijriyah dan Makna Muharram

WOL  – Dalam agama Islam, perhitungan tahun baru Hijriyah, diawali dengan bulan Muharram yang dikenal ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: