Breaking News
Home / Sumut / Erry Senam Sehat Bersama Kaum Ibu dan Lansia
WOL Photo
WOL Photo

Erry Senam Sehat Bersama Kaum Ibu dan Lansia

SIBOLGA, WOL – Setelah mencanangkan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di beberapa kabupaten di Sumatera Utara, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi melakukan pencanangan  Germas di Lapangan Simare-mare, Kota Sibolga, Sabtu (11/11).

Sebelum pencanangan Germas tersebut, Tengku Erry ikut serta senam sehat bersama dengan ibu-ibu kader kesehatan dan masyarakat lansia Kota Sibolga. Kegiatan ini juga dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-53 Tahun 2017.

Turut mengikuti kegiatan senam sehat bersama tersebut Wali Kota Sibolga HM Syarfi Hutauruk bersama Wakil Wali Kota Sibolga, Bupati Tapanuli Tengah Bachtiar Ahmad Sibarani, Ketua TP PKK kabupaten Sibolga, Kadis kesehatan Sibolga, dan para kepala SKPD Kota Sibolga.

Dalam kesempatan itu, Tengku Erry menyebutkan, gerakan-gerakan masyarakat hidup sehat perlu terus disosialisasikan agar masyarakat selalu menjaga lingkungan agar tetap bersih. Salah satunya agar tidak membuang sampah sembarangan. Karena hingga hari ini masih banyak masyarakat yang membuat sampah sembarangan. Apalagi sampah plastik yang susah terurai.

Karena dengan lingkungan yang kotor nantinya dapat menimbulkan berbagai penyakit. “Seperti diare, muntaber, demam berdarah dan lain sebagainya. Jaga lingkungan. Jagan buang sampah sembarangan,” tegas Erry.

Erry juga mengatakan, Germas ini, salah satunya adalah dalam rangka mengajak masyarakat untuk melaksanakan pola hidup sehat. Seperti yang baru dilaksanakan pagi tadi yaitu senam pagi, cuci tangan dengan sabun, memeriksakan kesehatan secara rutin, termasuk menjaga lingkungan kita agar tetap bersih. “Agar nantinya tidak menimbulkan penyakit-penyakit,” ujarnya.

Karena itu, Germas ini harus terus disosialisasikan di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Utara, bahkan sampai ke pelosok-pelosok pedesaan. Dan perlu dukungan termasuk kader-kader kesehatan, posyandu dan seluruh masyarakat hingga dapat tersosialisasi hingga kepelosok-pelosok pedesaan. “Diharapkan ibu-ibu para kader kesehatan dan lansia menjadi ujung tombak tersosialisikan Germas hingga ke pelosok-pelosok pedesaan,” sebut Erry.

Hal senada juga disampaikan Wali Kota Sibolga. Syarfi Hutauruk menyebutkan bahwa pemerintah dan masyarakat Kota Sibolga sangat mengapresiasi gerakan masyarakat hidup sehat tersebut. Senam sehat bersama yang dilaksanakan hari ini dalam rangka mendukung Germas dan Hari Kesehatan Nasional ke-53 tahun 2017.

“Kami sangat berterima kasih Bapak Gubsu ikut berbaur kepada masyarakat dalam rangka mendukung Germas,” ujar Syarfi.

Syarfi pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa hingga tahun 2017 ini hampir 95 persen masyarakat Kota Sibolga telah memperoleh asuransi kesehatan. “Target tahun 2018 hingga 97 persen,” ujarnya. (wol)

Editor: Agus Utama

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.