Home / Sumut / Erry Minta Dokter Gigi Muda Layani Masyarakat Di Daerah Terpencil
WOL Photo
WOL Photo

Erry Minta Dokter Gigi Muda Layani Masyarakat Di Daerah Terpencil

Tentunya ini menjadi ancaman bagi produktifitas bangsa, begitu juga untuk masyarakat di Provinsi Sumatera Utara. Dalam mengatasi hal ini diperlukan adanya pendekatan promotif, preventif yang efektif.

“Karena pada dasarnya pencegahan penyakit sangat tergantung pada perilaku individu, ketersediaan sarana dan prasarana, peningkatan pelayanan kesehatan, menciptakan SDM kesehatan yang berkualitas dan juga dukungan regulasi,”ucap Tengku Erry.

Erry juga menyampaikan bahwa program prioritas pembangunan kesehatan pada periode 2015 –  2019 juga dilaksanakan melalui program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga sekaligus sebagai tindak lanjutnya telah terbit peraturan menteri kesehatan nomor 39 tahun 2016 tentang pedoman penyelenggaran program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga.

Seiring dengan program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo juga telah meluncurkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). “Yaitu tindakan sistematis dan terencana dilakukan secara bersama-sama seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku hidup sehat untuk meningkatkan kualitas hidup,” tutur Erry.

Sebelumnya, Panitia penyelenggara IDCSU 2017 Dr Trelia Boel menyampaikan bahwa IDCSU 2017 yang dipanitiai Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) USU ini merupakan konferensi gigi terbesar di Pulau Sumatera. Dan ini merupakan kegiatan konferensi gigi yang ketujuh. Yang 6 sebelumnya disebut dengan Regional Dental Meeting and Exhibition.

“Yang mengusung tema Updated Dental Concepts to Achieve Excellence in Dentistry Memperbarui konsep gigi untuk mencapai keunggulan di kedokteran gigi,” sebut Dr Trelia Boel yang juga Dekan Fakultas Kedokteran Gigi USU.

Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari dimulai tanggal 7 sampai dengan 9 Desember 2017 di Santika Premiere Dyandra Hotel Medan. Peserta sekitar 900 orang dan juga menghadirkan pembicara dari Negara Australia, Malaysia, Singapura dan Brazil. “Diharapkan pertemuan ini nantinya akan membawa perkembangan dan kemajuan baru di segala bidang kedokteran gigi khususnya di Provinsi Sumatera Utara,” katanya. (wol/data1)

Editor: Agus Utama

Check Also

WOL Photo

Pertumbuhan Ekonomi Sumut Lebih Baik dari Nasional

MEDAN, WOL – Pertumbuhan perekonomian Sumut menjelang akhir tahun 2017 tercatat membaik. Setidaknya, berdasarkan data ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.