_
Home / Sumut / Erry Bangga Petani Medan Raih Juara Nasional
WOL Photo

Erry Bangga Petani Medan Raih Juara Nasional

MEDAN, Waspada.co.id – Mantan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Tengku Erry Nuradi, mengapresiasi prestasi Wibi Nugraha. Petani mangrove asal Medan ini meraih juara terbaik pertama tingkat nasional Wana Lestari kategori Kader Konservasi Alam dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di Jakarta.

Wibi, bertahun-tahun konsisten dalam pelestarian lingkungan hidup terutama hutan mangrove, bersama para teladan lingkungan hidup lainnya berkesempatan temu karya dan temu ramah dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menghadiri peringatan HUT RI di Istana Negara serta Sidang MPR RI.

“Kami terharu dan bangga saudara Wibi Nugraha juara terbaik pertama dan bertemu langsung dengan Presiden Jokowi. Kami pernah bertemu dengan Wibi dan turun bersama ke Danau Siombak menanam pohon bakau beberapa waktu lalu. Kini, beliau mengharumkan nama Sumatera Utara, khususnya Kota Medan,” ucap Erry di Medan, Sabtu (24/8).

Untuk itu, Erry berharap penggiat lingkungan seperti Wibi ini agar senantiasa mendapat perhatian dan saling kerja sama dengan pemerintah daerah.

“Lingkungan yang bersih dan asri dambaan kita semua. Mari kita jaga keseimbangan lingkungan disekitar kita dan penggiat lingkungan seperti Wibi ini patut diapresiasi,” terang Erry.

Seperti diketahui, Wibi yang merupakan ayah tiga anak ini merupakan sosok penggiat mangrove sederhana yang tidak punya pekerjaan lain kecuali menanam dan menjaga hutan mangrove di kawasan Danau Siombak, Medan Marelan. Selain itu, Wibi juga menanam mangrove di Deliserdang, Langkat hingga Sibolga.

Di tengah kesibukannya membudidayakan mangrove, suami Wina Widya ini juga melakukan pemberdayaan masyarakat di sekitar Danau Siombak melalui usaha budidaya ikan nila, pemanfaatan kerang lokan, dan buah nipah sehingga masyarakat bisa mendapat penghasilan tambahan.

Selain itu dia juga mendirikan sebuah Rumah Baca Merah Putih di atas Danau Siombak untuk pendidikan anak-anak nelayan dan masyarakat sekitar. Wibi juga pendamping kelompok tani hutan rencong Aceh Utara, memperjuangkan legalitas perhutanan sosial kelompok tersebut yang akhirnya keluar legalitas dari Kementerian LHK RI seluas 1.880 hektar.

“Penghargaan ini saya persembahkan untuk keluarga dan masyarakat Sumatera Utara. Penantian panjang 16 tahun lalu akhirnya terjawab tahun ini. Sumut pernah juara nasional kategori kader konservasi alam terakhir tahun 2003, tapi juara terbaik 1 Wana Lestari nasional kategori Kader Konservasi Alam baru ini didapatkan. Terima kasih juga saya sampaikan kepada bapak Tengku Erry Nuradi atas perhatiannya,” ucap Wibi mengakhiri. (wol/aa/data1)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Siswa Chandra Kumala School Harumkan Sumut dan Indonesia

KUALANAMU, Waspada.co.id – Sebanyak 18 pelajar Chandra Kumala School Deliserdang berhasil menoreh prestasi mengharumkan Sumut ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.