Breaking News
Home / Sumut / Ekonomi Kreatif Tulang Punggung Perekonomian Indonesia
WOL Photo

Ekonomi Kreatif Tulang Punggung Perekonomian Indonesia

MEDAN, Waspada.co.id – Anggota DPR Republik Indonesia, dr Sofyan Tan mendorong para ekonomi kreatif dapat menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia.

“Jika dilihat dari segi indeks inovasi yang berkaitan dengan berapa pentingnya inovasi di seluruh dunia, Indonesia berada diurutan 87. Indeks inovasi yang terbaik itu negara Switzerland dan Nuwergia dan Indonesia itu masih jauh apalagi dibanding dengan Singapura yang berada diurutan nomor enam dan juga Tiongkok diurutan 22,” tuturnya
pada sosialisasi sistem standarisasi dan sertifikasi kompetisi Sumber Daya Manusia (SDM) untuk pelaku ekonomi kreatif di Medan, Jumat (21/9).

Karena pentingnya peningkatan standarisasi dan sertifikasi kompetisi SDM bagi pelaku ekonomi kreatif sangat mendukung jalannya suati usaha.

“Selain lewat research dan teknologi dalam meningkatkan inovasi dari pada pengrajin tetapi juga perlu standarisasi yang harus disertifikasi,” jelasnya.

Standarisi menjadi ujung ke peningkatan nilai jual yang tinggi sehingga berdampak kepada keberlanjutan kesejahteraan para pelaku ekonomi. Selama ini, pelaku usaha hanya bisa membuat produk tetapi tidak peduli dengan standarisasi, ini yang harus diperhatikan.

“Di Sumut misalnya, ekonomi kreatif selalu berkaitan dengan makanan dan minuman. Seharusnya, dalam membuat produk makanan ataupun minuman memiliki standarisasi mulai dari cara memasak, kebersihan, rasa dan kemasan,” tambahnya Sofyan.

“Dan ekonomi kreatif bukan hanya makanan dan minuman tetapi seni juga. Badan Ekonomi kreatif melihat di Sumatera Utara banyak sekali ulos, ini merupakan bagian dari kebudayaan karenanya mendorong pelaku usaha untuk melakukan standarisasi dan kompetisi sertifikasi SDM agar ulos dapat menjadi salah satu ikon di Sumatera Utara,” pungkasnya.(wol/eko/data1)

Editor: RIDIN

Check Also

Sofyan Tan Minta Situs Kota Cina Marelan Menjadi Cagar Budaya

MEDAN, WOL – Anggota DPR-RI Komisi X, Dr Sofyan Tan meminta kepada Pemerintah Kota Medan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: