_
Home / Sumut / Edy Serius Tangani Banjir Kota Medan
foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

Edy Serius Tangani Banjir Kota Medan

MEDAN, Waspada.co.id – Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) untuk percepatan penanganan banjir di Kota Medan dan sekitarnya, di antaranya normalisasi Sungai Badera.

Hal itu ditandai dengan pelaksanaan groundbreaking pelebaran alur Sungai Badera di pelataran Bumi Asri, Jalan Asrama Medan, Selasa (20/8). Gubernur Sumut (Gubsu), Edy Rahmayadi, turun langsung memimpin groundbreaking yang menandai dimulainya pelebaran sungai sepanjang 3500 meter ini.

Bahkan Edy ikut naiki eskavator dan memandu operator untuk meratakan pepohonan dan bangunan yang berada di bantaran Sungai Badera. Pada kesempatan itu, Gubsu didampingi Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution, Wakil Bupati Deliserdang Ali Yusuf Siregar, Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera II Roy P Pardede, Kasdam I BB Untung Budiharto, dan lainnya.

Sungai Badera bermuara di Sunggal dan hilirnya ke Sungai Belawan, termasuk ke dalam kewenangan BWS II Sumatera. Topografi kemiringan dasar sungai saat ini sangat kecil akibat dari sedimentasi. Normalisasi sungai yang dimulai dari Jalan Gatot Subroto ditargetkan rampung akhir tahun 2019.

Setelah dilakukan pelebaran, lebar Sungai Badera yang saat ini rata-rata hanya 2 meter, ditargetkan menjadi 8 meter, dan jalur hijau 4 meter di sisi kanan dan kiri sungai. Nantinya, masyarakat yang terkena dampak pelebaran sungai akan diberi tali asih dengan jumlah yang ditentukan oleh Pemprovsu.

Gubsu mengatakan pelebaran sungai untuk kepentingan masyarakat banyak. Karena, jika hujan sebentar saja, Kota Medan akan banjir. Begitu banjir, akan ada kerugian sebesar ratusan juta hingga miliaran rupiah.

“Ada keperluan, ada kerugian, ayo kita diskusikan, mau ngomong sama saya kapan pun saya siap, yang penting sungai ini bersih semuanya,” kata Gubsu ketika berdialog dengan masyarakat.

Disebutkan, Kota Medan memiliki lima sungai di antaranya Sungai Badera, Sungai Sikambing, Sungai Percut, Sungai Deli, dan Sungai Babura. Dikarenakan fokus pembenahan, Gubsu juga mengimbau masyarakat tidak lagi membuang sampah di sungai. Menurutnya, sungai adalah tanggung jawab semua masyarakat tanpa kecuali.

Wakil Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, mengatakan akan duduk bersama jika masyarakat yang mengaku memiliki sertifikat sah. Selain itu, akan dilakukan pengukuran ulang bersama Badan Pertanahan Nasional, Pemko Medan, dan pihak terkait. (wol/aa/data1)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

HUT ke-54 Yonif Raider 100/PS, Gubsu: Tetap Kompak Bangun Sumut

SEI BINGAI, Waspada.co.id – Ratusan prajurit Batalyon Infanteri Raider 100/PS antusias menyambut kedatangan Gubernur Sumatera Utara ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.