_
Home / Sumut / Edy: Ayo Kobarkan Kembali Semangat Kemerdekaan!
foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

Edy: Ayo Kobarkan Kembali Semangat Kemerdekaan!

MEDAN, Waspada.co.id – Seribuan peserta mengikuti acara pawai obor HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), Jumat (16/8) malam. Uniknya, seluruh peserta membawa obor yang menyala serta ada marching band dan Komunitas Sepeda Ontel.

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi bersama Danlanud Soewondo Kolonel Pnb Dirk Poltje Lengkey, Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Adrianto, Kajati Sumut Fachruddin Siregar, Wakil Gubernur Sumut (Wagubsu) Musa Rajekshah, dan unsur Forkopimda Sumut lainnya memimpin pawai dari depan Kantor Gubernur Sumut.

Kapoldasu Irjen Pol Agus Andrianto didaulat menjadi inspektur upacara serta menyalakan obor sekaligus melepas 1.217 peserta pawai obor. Peserta berasal dari berbagai unsur, seperti pelajar, pramuka, Puma Paskibraka, mahasiswa, TNI, Polri, Satpol PP, ASN Pemprovsu, Pemko Medan, dan lainnya mengikuti pawai hingga finish di Lapangan Merdeka.

Gubsu mengatakan acara Taptu pada peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) untuk mengobarkan kembali semangat pemuda untuk memerdekakan Republik ini.

Dijelaskan, semangat mengisi kemerdekaan selaras dengan tujuan nasional, yakni mencerdaskan kehidupan berbangsa, meningkatkan kesejahteraan, dan turut serta dalam usaha perdamaian dunia.

“Yang pertama mencerdaskan kehidupan berbangsa, sama dengan yang disampaikan Presiden RI yang 20 % dari anggaran negara dijadikan pendidikan, sekarang meningkat lagi penganggarannya untuk pendidikan, kita apresiasi itu!,” katanya.

Dalam hal kesejahteraan di Sumut, Edy mengatakan akan memperkecil prosedur dalam rangka pembangunan yang nantinya akan meningkatkan para investor untuk berinvestasi di Sumut.

“Kalau presiden sudah menyampaikan seperti itu, kita juga satu arah, satu langkah, itu namanya loyalitas,” katanya.

Usai pawai obor, Gubsu dan jajaran pimpinan Forkopimda Sumut melaksanakan Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) di Taman Makam Pahlawan (TMP) Medan. Di akhir acara, Edy bersama lainnya memberi penghormatan di depan gerbang Taman Makam Pahlawan.

“Sudah beberapa tahun belakangan saya selalu melihat langsung prosesi AKRS ini, seperti merefleksi diri akan jasa para pahlawan. Sebab kata Bung Karno, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya,” ucap Aisyah, warga sekitar Taman Makam Pahlawan. (wol/aa/data2)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Polisi Kantongi Identitas “Pemain” Uang Rp1,6 M Milik Pemprovsu

MEDAN, Waspada.co.id – Misteri hilangnya uang senilai Rp1,6 miliar di Parkiran Kantor Gubernur Sumatera Utara, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.