Breaking News
Home / Sumut / Dukung Smart City, PLN Bangun Saluran Kabel Tegangan Menengah
WOL Photo/Eko Kurniawan

Dukung Smart City, PLN Bangun Saluran Kabel Tegangan Menengah

MEDAN, Waspada.co.id – Mendukung Smart City, PLN bangun Saluran Kabel Tegangan Menengah (SKTM) Penyulang 20 kV sepanjang 20,992 kms Paya Geli – Panca Budi.

Dibangun dengan menggunakan metode Horizontal Directional Drilling (HDD). Peluncuran SKTM ini dilakukan oleh General Manager PLN Wilayah Sumut ,Feby Joko Priharto, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan Muhammad Husni, SE, M.Si, Manajer Distribusi PLN Wilayah Sumut Budiono, Manajer PLN Area Medan Lelan Hasibuan, Manajer PLN Area Padangsidimpuan Ronny Afrianto.

“Berinovasi dengan melakukan peralihan dari teknologi Open Cut menjadi teknologi Horizontal Directional Drilling (HDD) menjadi bukti nyata PLN dalam meningkatkan kehandalan kelistrikan. Teknologi ini merupakan yang pertama di luar pulau Jawa dan Medan menjadi kota pertama,” tutur General Manajer PLN Wilayah Sumatera Utara Feby Joko Priharto kepada Wartawan, Kamis (7/6).

Metode Horizontal Directional Drilling merupakan pembangunan utilitas bawah tanah dengan cara pengeboran untuk melewati hambatan (obstacle) seperti sungai, persimpangan jalan, pondasi tol dan sebagaianya.

“Dengan menggunakan metode HDD lubang galian akan jauh lebih sedikit dibandingkan dengan metode open cut sehingga tidak merusak estetika tata kota dan mengurangi gangguan aktivitas bisnis masyarakat,” jelasnya.

Teknik pengeboran yang paling ideal adalah dengan lubang yang lurus (vertikal), karena lebih mudah dilakukan dan biayanya relatif lebih efisien. Namun, dalam kenyataannya di lapangan tidak selalu demikian karena berbagai rintangan.

“Hal ini menuntut pengeboran diarahkan sesuai kondisi-kondisi tertentu. Teknik pengeboran seperti ini yang disebut dengan pengeboran berarah atau pengeboran horisontal (directional and horizontal drilling). HDD Forward memiliki keahlian dalam melakukan pengeboran berarah,” katanya.

Adapun benefit penggunaan teknologi ini antara lain menjaga estetika tata kota, lubang galian lebih sedikit sehingga restorasi lebih mudah, meminimalisir gangguan aktivitas perekonomian masyarakat, utilitas SKTM lebih terstruktur, mengurangi gangguan mekanis pada kabel dan dapat melewati obstacle yang sulit.

Dengan sistem pengeboran horizontal terarah, diharapkan selama proses pengerjaan tidak akan mengganggu arus lalu lintas dan menjaga estetika keindahan kota dengan pembangunan kabel bawah tanah atau UGC (Under Ground Cable).

Sementara menurut ,Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan Muhammad Husni sangat mengapresiasi PLN yang telah berupaya meningkatkan kehandalan kelistrikan di Medan melalui pembangunan SKTM penyulang 20 kV.

“Tidak hanya itu, pembangunan ini juga sejalan dengan program Pemko Medan dalam mewujudkan Medan Smart City, dengan menciptakan tata kota yang indah,” pungkasnya.(wol/Eko/data1)

Editor: RIDIN

Check Also

Pemprovsu Ajak Sektor Swasta Capai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

MEDAN, Waspada.co.id – Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah dengan resmi membuka acara Seminar Nasional ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: