Breaking News
Home / Sumut / DPRD Desak Kelanjutan Pembangunan Jalan Alternatif Humbahas
Anggota DPRD Sumut, dari Fraksi Partai Demokrat, Jenny Brutu (Ist)
Anggota DPRD Sumut, dari Fraksi Partai Demokrat, Jenny Brutu (Ist)

DPRD Desak Kelanjutan Pembangunan Jalan Alternatif Humbahas

MEDAN, WOL – DPRD Provinsi Sumatera Utara mendesak Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga untuk melanjutkan pembangunan infrastruktur jalan alternatif dari Kabupaten Humbahas hingga Deleng Simpon Kabupaten Pakpak Bharat.

Jalan alternatif ini panjangnya hanya sekitar 8 kilometer berfungsi untuk membuka akses jalan dari Kabupaten Dairi–Pakpak Bharat–Kabupaten Humbahas–hingga Tapanuli Utara sekaligus mempersingkat jalur menuju Medan melalui Bandara Silangit.

“Jika jalan tembus Kabupaten Dairi – Pakpak Bharat–Humbahas–Taput sudah bisa dilalui kendaraan roda dua maupun empat, tentunya akan mempermudah akses masyarakat ke Kota Medan sekaligus membuka keterisoliran di sejumlah desa maupun kecamatan yang dilalui jalan tersebut,” tutur anggota Fraksi Partai Demokrat DPRD Sumut, Jenny Brutu, Selasa (5/4).

Jenny menyebutkan, kondisi jalan alternatif ini sudah mulus hingga Deleng Simpon perbatasan Kabupaten Pakpak Bharat dan Kabupaten Humbahas. Tetapi dari Deleng Simpon  ke Kabupaten Humbahas yang panjangnya sekitar 8 kilometer masih jalan bebatuan dan tidak bisa dilewati kendaraan roda empat.

Menurut Jenny, pada tahun 2012 jalan alternatif tersebut sudah pernah dilalui kendaraan roda dua maupun empat, walaupun dari perbatasan Deleng Simpon ke Kabupaten Humbahas masih jalan batu. Tapi dikarenakan tidak ada perawatan, saat ini kondisinya sudah hancur-hancuran dan bebatuan berserakan, sehingga tidak lagi bisa dilalui kendaraan roda dua maupun empat.

“Kita sangat berharap kepada Dinas PU Bina Marga Sumut untuk mengusulkan dana kelanjutan pembangunannya di APBD Sumut, agar Banggar eksekutif dan legislatif bisa memperjuangkan penampungannya, sebab bagaimanapun kelanjutan pembangunan jalan alternatif yang membuka keterisoliran antar kabupaten itu harus diprioritaskan,” ujar Jenny.(wol/cza/data2)

 Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

foto: Istimewa

Pemkab Karo Terus Pindahkan Pengungsi Sinabung dari Posko

MEDAN, WOL – Pasca kunjungan Presiden RI Joko Widodo ke rumah hunian tetap (huntap) pengungsi ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.