Breaking News
Home / Sumut / Dorong Swasembada Pangan, Gubsu Gulirkan Bantuan Untuk Padang Lawas
WOL Photo
WOL Photo

Dorong Swasembada Pangan, Gubsu Gulirkan Bantuan Untuk Padang Lawas

Dalam rangka mempertahankan Swasembada pangan berkelanjutan, lanjut Erry, Pemprovsu telah mengambil langkah-langkah berupa, mendorong percepatan tanam, peningkatan indeks pertanaman untuk mengejar target tanam, memberikan bantuan benih, pupuk organik dan an organik, pestisida dan alat mesin pertanian pra tanam maupun pasca panen.

Selain itu juga perbaikan jaringan irigasi pada jaringan tersier, penerapan teknologi jajar legowo dan benih hibrida, mendorong perluasan tanam padi, jagung dan kedelai areal tanam pada lahan-lahan yang selama ini tidak dimanfaatkan.

“Adapun untuk mewujudkan hal tersebut, pada tahun 2017 Pemprovsu melalui APBD mengalokasikan anggaran sebesar 169 miliar rupiah untuk Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura. Dan Kabupaten Padang Lawas dialokasikan anggaran sebesar Rp6,164 miliar,” ujar Gubsu.

Dijelaskan Gubsu, Kabupaten Padang Lawas merupakan salah satu sentra produksi padi di Sumatera Utara dengan kontribusi produksi pada terhadap Sumut sebesar 2,5 pada Tahun 2016. Khusus untuk Kabupaten Padang Lawas dilaporkan pencapaian realisasi tanam sampai dengan Maret 2017 telah mencapai 121 persen dari target tanam yang ditetapkan.

“Harapan kami periode April-September 2017 dari target tanam seluas 9.323 HA dapat direalisasikan sampai September 2017. Pada kesempatan ini saya ucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tinggi kepada Pemerintahan Kabupaten Padang Lawas beserta jajarannya, masyarakat tani, para penyuluh dan Babinsa atas kerjakerasnya dalam memberhasilkan pencapaian luas tambah tanam padi, jagung dan kedelai di Provinsi Sumut,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu Gubsu juga mengajak seluruh jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Padang Lawas untuk bersinerji dalam melaksanakan upaya-upaya peningkatan produksi tanaman pangan dan hortikultura antara lain dengan menjaga harmonisasi percepatan tanam yang selama ini telah berjalan baik pada masa tanam berikutnya.

Mengoptimalkan alat dan mesin pertanian, mengoptimalkan pemanfaatan lahan kosong atau lahan tidur, laksanakan tumpang sari padi ladang atau jagung di lahan pertanian, menerapkan teknologi tepat guna dalam rangka peningkatan produksi, mutu dan nilai tambah produksi pertanian, penerapan Perda Provinsi Sumut No 3 Tahun 2015 tentang perlindungan lahan pertanian berkelanjutan dalam rangka mencegah alih fungsi lahan pertanian.

“Setiap daerah yang bisa menerapkan Perda Nomor 3 Tahun 2015 dan mampu mempertahankan lahan pangan berkelanjutan dan penambahan lahan pangan akan diberikan bantuan sebesar Rp50 juta rupiah dalam bentuk alat mesin pertanian, benih, bibit dan lain-lain,” demikian Gubsu. (wol/data1)

Editor: Agus Utama

Check Also

WOL Photo

Erry Ingin Museum Negeri Sumut Jadi Tujuan Wisata Andalan

MEDAN, WOL – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku HT Erry Nuradi meminta Dinas Pariwisata Sumut ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.