Home / Sumut / Dinilai Mirip Sosok Gus Dur, JR Saragih Tetap Rendah Hati
Ketua DPD Partai Demokrat Sumatera Utara JR Saragih dinilai seperti sosok Gus Dur yang mengutamakan kerukunan umat beragama. (WOL Photo)

Dinilai Mirip Sosok Gus Dur, JR Saragih Tetap Rendah Hati

PADANG SIDEMPUAN, WOL – Kinerja JR Saragih yang selalu mengutamakan kerukunan beragama, tentunya selintas kita akan mengingat sosok almarhum Gus Dur. Menanggapi hal ini, JR Saragih menjawabnya dengan rendah hati.

Dalam bekerja, memang JR Saragih selalu meminta kepada masyarakat agar menjaga kerukunan beragama meskipun di Indonesia termasuk Sumatera Utara memiliki keberagaman agama, suku dan budaya. Baginya, agama jangan lah dibenturkan demi kepentingan kelompok maupun golongan. Apalagi, kerukunan beragama menjadi bagian dari Pancasila.

Ditemui usai acara buka puasa bersama dengan kader Partai Demokrat Padang Sidempuan, Ketua DPD Partai Demokrat Sumatera Utara JR Saragih dengan nada rendah hati menuturkan bahwa apa yang dilakukan oleh Gus Dur jangan pernah ditanggalkan sedikit pun.

“Kita harus berterima kasih kepada Gus Dur, karena melalui beliau (Gus Dur-red) semua agama diterima. Meskipun besar di pesantren, beliau bisa masuk ke semua kalangan, dia bisa masuk ke gereja, dia sangat menghargai agama dan itulah yang harus dimiliki Indonesia karena dari sanalah kekayaan Indonesia itu ada, otomatis jangan meninggalkan apa yang pernah dilakukan oleh pendahulu kita,” ujarnya di Hotel Mega Prima, Padang Sidempuan, Sumatera Utara, Minggu (17/6).

Meskipun dinilai sosok Gus Dur melekat pada pemilik nama asli Jopinus Ramli Saragih, dirinya sangat mengapresiasi. Pasalnya, dengan kehadiran Gus Dur maka membuat masyarakat Indonesia bisa beribadah dengan nyaman, sholat di mana saja bisa, gereja di mana saja tapi sekarang diakuinya seolah-olah agama dilarang dan memiliki batas.

“Sah-sah saja jika masyarakat menilai sosok Gus Dur ada pada diri saya. Buat saya tidak ada masalah dan saya mengapresiasi buat sebutan itu karena saya bangga dengan Gus Dur,” paparnya.

Lantas, bebankah JR Saragih dinilai sama seperti sosok almarhum Gus Dur yang mengutamakan kerukunan beragama? “Kenapa harus dijadikan beban? Dengan kehadiran Gus Dur maka beliau bisa memimpin bangsa ini, dan kita sebagai generasi penerus harus menghargai apa yang menjadi karya beliau karena Gus Dur pernah memimpin Indonesia,” tukasnya tersenyum. (wol/data1)

Editor: Agus Utama

Check Also

Wali Kota Tegur Camat Terlibat Tim Sukses Pilgubsu

MEDAN, Waspada.co.id – Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, mengaku sudah memberikan peringatan keras terhadap Camat ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: