_
Home / Fokus Redaksi / Dewan Pers: Media Online Adalah Masa Depan
WOL Photo/Agus Utama

Dewan Pers: Media Online Adalah Masa Depan

JAKARTA, Waspada.co.id – Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) mengumpulkan seluruh pengurus se-Indonesia dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) 2018 di Jakarta, yang dihadiri hampir seluruh Pengurus SMSI tingkat provinsi. Agenda ini diselenggarakan di Hotel Horison Grand Serpong Tangerang, Rabu-Kamis (19/20/12).

Ketua Dewan Pers, Yosep Hadi Prasetyo, turut membuka acara tersebut didampingi Ketua Umum SMSI Auri Jaya Sekjen Firdaus Ansueto dan Anggota Dewan Penasehat Mirza Zulhadi bersama pengurus lainnya. Yosep berpesan perkembangan media siber belakangan ini memang sangat pesat, sehingga dianggap sebagai industri media masa depan.

“Masa depan media ini adalah media online. Dengan semakin banyaknya media siber yang bermunculan, sekitar 34.300 media di 34 provinsi saat ini,” ungkap Ketua Dewan Pers tersebut.

Diakuinya, sebagai tokoh yang terlibat dalam pembentukan SMSI, dirinya tak menampik potensi media siber yang mampu mencakup audio visual sekaligus perlahan bersaing di dunia industri media massa bersama media cetak, televisi dan radio (elektronik). Tak bisa dipungkiri, media cetak saat ini mulai tergerus dengan kiprah media digital.

Yosef mengingatkan media online yang tergabung di SMSI saat ini agar segera verifikasi perusahaan pers, sebagaimana telah diprogramkan lembaga yang dipimpinnya. Disebutkan, Dewan Pers akan turun langsung ke daerah mulai Januari mendatang.

“Kita mengakui, dunia industri belum sepenuhnya memberi kepercayaan kepada media online. Hari ini yang terjadi, media online yang bekerja, namun Google yang mendapat iklan dari dunia usaha. Media online harus merebut itu,” tegasnya.

“Media online jangan mau kalah, media online harus di atas rata-rata, mengambil peluang usaha dan mendapatkan kepercayaan dunia industri. Dengan menghadirkan berita-berita yang menarik, meraih kepercayaan publik, data yang lengkap, audio visual,” kata Yosep lagi.

Ketua Umum SMSI, Auri Jaya, mengingatkan seluruh pengurus siap menghadapi tantangan ke depan. Bagaimana media online khususnya anggota dan pengurus SMSI mampu mengola bisnis media online dengan baik.

“Tidaklah mudah menghidupkan sebuah media, di mana media bukan hanya sebagai pekerjaan, tetapi sebuah sumber penghidupan. Saya mengajak kita semua untuk sukses mengelola media online bersama SMSI,” ujar Auri.

Auri juga mengyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh pengurus SMSI tingkat provinsi yang turut hadir dalam Rapimnas tersebut. Kendati ada beberapa perwakilan daerah tidak hadir, saat ini SMSI sudah memiliki 28 pengurus tingkat provinsi dan akan dibentuk kepengurusan tingkat kabupaten/kota. (wol/ags/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Petugas KPPS Meninggal dalam Tugas, Mendagri “Mereka Syuhada Kusuma Bangsa”

JAKARTA, Waspada.co.id – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyampaikan duka cita mendalam kepada petugas Kelompok ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.