Home / Sumut / Debat Pertama Cagub Angkat Tata Kelola Pemerintahan Yang Bersih
WOL Photo
WOL Photo

Debat Pertama Cagub Angkat Tata Kelola Pemerintahan Yang Bersih

MEDAN, Waspada.co.id – Komisi Pemilihan Umum Sumatera Utara (KPU Sumut) akan menggelar debat pasangan calon (paslon) Gubernur  dan calon Wakil Gubernur Sumatera Utara 2018  Sabtu, 5 Mei 2018 mendatang.

Komisioner KPU Sumut Yulhasni menyebutkan pada sesi pertama debat akan mengangkat tentang tata kelola pemerintahan yang bersih.

Latar belakang diangkatnya tema tata kelola pemerintahan yang bersih itu adalah agar masyarakat tahu bagaimana komitmen Paslon dalam menciptakan pemerintahan yang bersih.

“Isu ini merupakan salah satu isu sentral yang muncul dalam inventarisir persoalan Sumut. Sebelum digelarnya debat ini, KPU Sumut bersama para tim perumus dan stakeholder terkait, seperti akademisi, profesional, serta juga pegiat LSM, telah melakukan serangkaian diskusi yang menyerap usulan rancangan tema debat,” kata Yulhasni.

Kemudian kata Yulhasni, disusun daftar pertanyaan kontekstual. Pertanyaan  akan diajukan oleh moderator debat.

Daftar pertanyaan akan diacak. Paslon diberi kesempatan untuk mengambil pertanyaan yang belum diketahui Paslon.

Secara umum, sebutnya, ada 6 segmen debat, di antaranya akan didahului oleh paparan visi-misi, lalu penajaman hingga kemudian debat antara pasangan calon.

“Biar masyarakat tahu seperti apa konsep Paslon untuk pertama, tidak korupsi, itulah paling utama,” kata Yulhasni.

Setelah debat sesi pertama ini, KPU akan memfasilitasi dua sesi debat lanjutan. Debat kedua sebutnya, akan mengangkat tema pembangunan yang berkeadilan dan berkesetaraan. Seri terakhir alias debat pamungkas akan mengangkat isu yang tak kalah penting yakni penegakan hukum dan HAM.(wol/data1)
Editor: RIDIN

Check Also

WOL Photo

Massa Demo Bawaslu Sumut Desak Cabut Larangan Cagub di Bulan Ramadhan

MEDAN, Waspada.co.id – Seratusan massa mengatasnamakan Aliansi Ummat Islam Sumatera Utara, Senin (21/5) menggelar aksi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.