Home / Sumut / Cerita Ijeck Tentang Awal Mula Ide Mobil Pembersih Masjid Gratis
WOL Photo/Ist

Cerita Ijeck Tentang Awal Mula Ide Mobil Pembersih Masjid Gratis

P.SIANTAR, WOL – Mobil Pembersih Masjid Gratis Yayasan Haji Anif sudah bertahun-tahun melayani. Kini nama dan cakupan pelayanannya sudah semakin menjangkau ke hampir seluruh Sumatera Utara.

Lalu, bagaimana cerita awal mula sampai Haji Anif memiliki ide untuk membuat mobil pembersih masjid?

Kepada warga saat tabligh akbar di Masjid Raya Kota Pematang Siantar, Minggu (18/2/2018) Musa Rajekshah putra sulung Haji Anif mengutarakan beberapa hal.

Awalnya, saat itu Haji Anif sering bepergian dari Medan ke Tapanuli Selatan dan sebaliknya.  “Jadi saat dalam perjalanan sering shalat di Sidimpuan. Ada beberapa masjid yang berdebu karpetnya. Lalu ayah kami punya ide. Jadi simpel aja memang kasusnya,” kata Ijeck.

Sekarang, sambung Ijeck yang juga Ketua Yayasan Haji Anif itu, pelayanan mobil pembersih masjid gratis Haji Anif   menjangkau ke 12 kabupaten kota dinSumut.

“Dengan 35 unit mobil pembersih masjid dan 3 mobil jenazah. Ide ini kemudian ditiru Jusuf Kalla, yang juga Ketua Dewan Masjid Indonesia. Saat ini kalau tak salah ada 300 mobil pembersih masjid yang dibuat Jusuf Kalla dan disebar ke seluruh Indonesia,” kata Ijeck.

Koordinator Yayasan Haji Anif (YHA) Siantar Simalungun, Dicky Damanik menambahkan mobil pembersih ini akan melayani semaksimal mungkin. “Saat ini sudah mencakup wilayah Siantar-Simalungun,” kata Dicky Damanik.

Staf Ahli Wali Kota Pematangsiantar, Khaidir Sitompul, mewakili Wali Kota Pematangsiantar, mengatakan, pelayanan seperti ini sangat baik untuk menjadikan rumah ibadah selalu bersih dan nyaman bagi jamaah atau masyarakat yang beribadah.

“Apa yang dilakukan menjadi inspirasi bagi siapapun. Semoga ke depan,banyak pihak lain yang juga membuat hal serupa,” katanya. (wol/ags/erm/data1)
Editor: Agus Utama

Check Also

KPU Gunungsitoli Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pilgubsu

GUNUNG SITOLI, Waspada.co.id – Komisi Pemilihan Umum Kota Gunungsitoli mulai melakukan rekapitulasi terhadap hasil penghitungan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: