_
Home / Sumut / Cegah Korupsi, Ijeck Ingin Latih Tata Kelola Pemerintahan Bagi KDh
foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

Cegah Korupsi, Ijeck Ingin Latih Tata Kelola Pemerintahan Bagi KDh

MEDAN, Waspada.co.id – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Musa Rajekshah, menginginkan adanya pelatihan mengenai tata kelola pemerintahan bagi pejabat negara, khususnya bagi kepala daerah terpilih sebelum menjalankan tugas amanah jabatan. Hal ini sebagai bentuk komitmen pencegahan korupsi dini bagi pejabat negara.

Hal ini dikatakan Musa Rajekshah, saat menghadiri acara Tasyakkur Bagi Alumni Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) dan Kuliah Umum Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI Terpilih periode 2019-2023 Lili Pintauli Siregar, di Kampus UISU, Jalan SM Raja, Medan, Selasa (8/10).

Di era demokrasi ini, kata Musa atau akrab disapa Ijeck, semua orang boleh maju menjadi kepala daerah, asal sesuai persyaratan, karena pemilihan one man one vote. Artinya, tidak semuanya yang maju sebagai kepala daerah mengerti pemerintahan.

“Jangan setelah masuk, terjebak dengan sistem dengan kesalahan. Bukan hanya korupsi, tapi kesalahan kebijakan dan segala sesuatunya. Akhirnya, negara yang rugi dan masyarakat jadi apatis, karena melihat pimpinan yang diharapkan bisa membawa perubahan malah korupsi. Makanya, perlu pembekalan untuk kepala daerah terpilih sebelum memimpin,” ujar Ijeck.

Ijeck menambahkan, dirinya bersama Gubernur Edy Rahmayadi berkomitmen memberantas korupsi dalam menjalankan tugas memimpin Provinsi Sumatera Utara. Dalam mengelola pemerintahan, diakui masih adanya sistem manual yang dipakai. Ke depan, diharapkan pemerintahan bisa menggunakan sistem informasi digital agar transparansi kerja terlaksana.

“Kita sangat berkomitmen dalam memberantas korupsi. Kita tak inginkan korupsi itu terjadi di lingkungan Pemprovsu. Sistem digital ini harus dibangun, tidak bisa hanya manual. Tata kelola pemerintahan harus mengutamakan efisiensi dan mempunyai integritas sebagai pelaksana tugas,” sebut Ijeck.

Dalam kegiatan ini, Ijeck juga ikut upah-upah Wakil Ketua KPK Terpilih periode 2019-2023 Lili Pintauli Siregar bersama anggota legislatif terpilih yang juga alumni UISU. Wagubsu yang juga Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UISU pun berpesan kepada anggota legislatif terpilih serius mengemban amanah jabatan sebagai wakil rakyat.

“Harus diniatkan dari hati, karena mengemban amanah rakyat ini tugas penting. Kita tak tahu juga pemberian Allah SWT di masa depan. Kita berdoa kepada Allah agar diberikan yang terbaik di dunia dan akhirat karena semua akan dipertanggungjawabkan kelak,” ujar Ijeck.

Sebagai sesama alumni UISU, Wagub berharap Lili bisa mengawasi kinerja pemerintahan daerah dengan baik. Lili sendiri mengaku senang diupah-upah. Dikatakan, hal ini merupakan wujud syukur dan kebanggaannya pernah menimba ilmu di UISU.

Terpilih sebagai Wakil Ketua KPK RI, Lili pun berharap bisa memberikan sumbangsih kepada Indonesia, khususnya kepada masyarakat terhadap sosialisasi pencegahan korupsi. Minimal, Sumut paham dan sadar mencegah korupsi agar terhindar dari tindakan penindakan,” tegas Lili. (wol/aa/data2)

editor AUSTIN TUMENGKOL

适适

Check Also

Ratusan Bangkai Babi Dibersihkan Dari Danau Siombak

MEDAN, Waspada.co.id – Untuk menghindari dampak negatif terhadap masyarakat, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) melalui ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.