_
Home / Sumut / Calhaj Sumut Sehat Wal Afiat
WOL Photo/Ega Ibra

Calhaj Sumut Sehat Wal Afiat

MEDAN, WOL – Hingga kloter 3 jamaah calon haji Embarkasi Medan sudah 1.167 (sekitar 17,49 persen) berada di Madinah.

“Hingga kloter 3, sudah 1.167 Calhaj Embarkasi Medan berada di Madinah,” kata Ketua Panitia Pelaksana Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Medan, Drs H Tohar Bayoangin MAg, Jumat (12/8).

Sekretaris PPIH Embarkasi Medan, Drs H Bahrum Saleh, menyebutkan jumlah jamaah calon haji yang belum diberangkatkan 5.516 orang (82,66 persen). Sedangkan sembilan calhaj masih tertunda berangkat dan akan diberangkatkan pada kloter berikutnya akibat sakit dan masalah visa.

Wakil Kepala Bidang Kesehatan Haji, dr Aulianto, menyebutkan, meski kabar dari Madinah menyebutkan para calhaj sehat walafiat, Aulianto tetap menganjurkan para jamaah yang sudah berada di Madinah memperbanyak minum air putih, minimal 2 3 liter atau lebih.

“Perbanyak minum air putih, apalagi suhu udara di sana mencapai 37 derajat celcius dan suhu maksimal mencapai 43 derajat celcius. Kalau tidak memperbanyak minum air putih, bisa dehidrasi,” tegasnya.

”Jika dehidrasi, penyakit pun rentan menyerang jamaah, di antaranya heat stroke akibat dehidrasi. Heat stroke tidak hanya mengancam jamaah haji berusia lanjut. Jamaah haji muda pun bisa terkena heat stroke jika terlalu sering keluar ruangan untuk sekadar berjalan-jalan.,” jelasnya lagi.

Sementara itu, calhaj asal Labuhanbatu yang gagal diberangkatkan karena sakit dinyatakan disorientasi dan telah pulang ke daerahnya. Hal itu atas permintaan keluarga calhaj karena melihat kondisinya.

Aulianto menyebutkan disorientasi merupakan orang yang memiliki gangguan seperti kebingungan. “Dia seperti gelisah, kebingungan dan bisa lupa berada di mana,” jelasnya.(wol/aa/waspada/data1)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

642 Personil Amankan KNIA Jelang Lebaran

MEDAN, Waspada.co.id – Menjelang Idul Fitri 1440 H 2019, PT Angkasa Pura II (Persero) Kantor ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.