_
Home / Fokus Redaksi / Bupati Madina Dahlan Hasan Nasution Benarkan Pengunduran Dirinya
foto: Istimewa

Bupati Madina Dahlan Hasan Nasution Benarkan Pengunduran Dirinya

MEDAN, Waspada.co.id – Beredarnya kabar pengunduran diri Bupati Mandailing Natal, Dahlan Hasan Nasution, dibenarkan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Biro Otonomi Daerah.

Kepala Biro Otonomi Daerah Pemprov Sumatera Utara, Basarin Tanjung mengatakan, begitu mendapat informasi soal pengunduran diri tersebut, dirinya langsung berkomunikasi dengan Dahlan Hasan Nasution.

“Memang saya tadi sempat hubungi beliau, dia bilang memang betul surat pengunduran diri itu,” katanya ketika dikonfirmasi, Minggu (21/4).

Basarin menjelaskan, proses untuk mengajukan pengunduran diri seorang Bupati yakni melalui mekanisme sidang paripurna di DPRD Kabupaten.

Namun, Basarin enggan membeberkan alasan Dahlan mundur dari jabatan Bupati. “Kalau soal itu tanya yang bersangkutan saja ya,” tambahnya.

“Jadi Bupati ajukan pengunduran diri ke DPRD. Nanti digelar sidang paripurna pembacaan pengunduran diri. Hasil sidang paripurna itu ditindaklanjuti dengan surat ke Gubernur untuk diteruskan ke Mendagri. Nanti Mendagri yang memutuskan,” bebernya.

Ia menjelaskan surat pengunduran diri terlebih dahulu disampaikan kepada Gubernur Sumut, kemudian dilanjutkan ke Kementerian Dalam Negeri untuk segera diproses. Namun, surat tersebut belum diterima di Pemprov Sumut.

“Itu diatur dalam Pasal 78 dan 79 Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah,” kata Basarin.

Dahlan Hasan Nasution yang dihubungi wartawan, Minggu 21 April 2019, membenarkan surat pengunduran dirinya, yang beredar di Media sosial itu.“Iya benar (surat itu),” sebut Dahlan melalui sambungan telepon selular.

Dahlan mengakui perihal pengunduran diri sebagai orang nomor 1 di Pemerintahan Kabupaten Mandailing Natal itu. Namun sayangnya, ia enggan menjabarkan secara detail alasannya. “Sudah, ndak usah ya. Karena, sesuai dengan surat itu sudah,” tutur Dahlan.

Disinggung keterkaitan hasil perolehan suara di Pemilihan Presiden 2019 di Kabupaten Mandailing Natal, lagi-lagi, Dahlan enggan berkomentar. “Tidak usah, yang lain-lain ya,” kata Dahlan mengakhiri wawancara.

Informasi yang beredar, Dahlan Hasan Nasution mengajukan surat pengunduran diri akibat suara Jokowi – Ma’ruf Amin di Kabupatan Mandailing Natal anjlok pada Pilpres 2019. (wol/ags/data1)

Check Also

Partai Koalisi Prabowo-Sandi Berkumpul Bahas Kampanye Terbuka

JAKARTA, Waspada.co.id – Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menggelar pertemuan dengan pejabat teras ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: