_
Home / Sumut / Bupati: Al-Quran Tidak Sekedar Dibaca, Tapi Pahami Isi dan Kandungannya
WOL Photo

Bupati: Al-Quran Tidak Sekedar Dibaca, Tapi Pahami Isi dan Kandungannya

SALAK, WOL – Diawali dengan lantunan ayat suci Al-Qur’an oleh Adnan Tumangger, Juara 1 MTQ Nasional tingkat anak-anak, acara pembukaan MTQ ke-13 tingkat Kabupaten Pakpak Bharat tahun 2016, berlangsung dengan khidmat di pelataran Masjid Al-Ikhlas Sukaramai, Kecamatan Kerajaan, Senin (16/05).

Secara resmi, MTQ yang berlangsung selama 2 hari sampai dengan tanggal 17 Mei 2016, dibuka oleh Bupati Pakpak Bharat, Dr Remigo Yolando Berutu, MBA ditandai dengan pemukulan beduk oleh Bupati.

Dalam sambutannya di hadapan seluruh undangan antara lain Wakil Bupati Ir H Maju Ilyas Padang bersama Ny Hj Idahliany MI Padang, Wakil Ketua DPRD Kadri Tumangger beserta para anggota DPRD, perwakilan unsur FKPD, para pimpinan SKPD beserta jajarannya, para pemuka agama, para pimpinan instansi vertikal dan pimpinan BUMN/BUMD, Ketua dan anggota LPTQ dan para jamaah masjid serta jamaah perwiritan se-Kabupaten Pakpak Bharat, Bupati Remigo menekankan agar pelaksanaan MTQ tidak hanya untuk memenuhi kewajiban dan seremonial belaka, tetapi lebih kepada mencintai isi kandungan Al-Quran secara lebih kaffah.

“Dengan demikian akan semakin kita dapati umat yang lebih religius yang meningkat secara kualitas sumber daya manusia dan itu semua tercermin dalam keseharian kita, baik perilaku, sikap atau semangat untuk hidup serta berkehidupan,” jelas Bupati.

Secara gamblang Bupati mengutarakan bahwa Al-Quran itu merupakan sumber inspirasi yang tidak ada habis-habisnya.

“Itulah sebabnya saya juga berharap Al-Quran tidak sekedar dibaca, tetapi dipahami isi dan kandungannya. Hal tersebut juga yang membuat saya pada periode yang lalu menganjurkan program ‘Magrib Mengaji’ di Kabupaten kita. Paling tidak hal tersebut menjadi embrio untuk memahami Al-Quran dengan lebih baik,” tambah Bupati.

Senada dengan Bupati, Ketua Panitia Penyelenggara MTQ ke-13, Elson Angkat, SS, menyampaikan bahwa MTQ kali ini yang bertema “Membangun Generasi Qur’ani yang Partisipatif dan Bermartabat Menuju Pakpak Bharat yang Berkualitas,” bertujuan untuk menumbuhkembangkan pemahaman Al-Quran.

Untuk jenis perlombaan pada tahun ini adalah Syahril Quran, Fahmil Quran,Tartil dan Tilawah tingkat kanak-kanak, remaja dan dewasa yang dibagi lagi dalam kategori putra dan putri.

“Semoga potensi generasi-generasi Qur’ani dari Pakpak Bharat akan semakin mengharumkan nama Kabupaten ini,” ujarnya.

Sebelumnya acara pembukaan, juga didahului dengan pawai ta’aruf mengelilingi Sukaramai dan sekitarnya yang dilepas oleh Wakil Ketua DPRD, Kadri Tumangger.(wol/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Kunjungi Waspada Online, Mahasiswa USM Tambah Wawasan

MEDAN, Waspada.co.id – Puluhan mahasiswa Ilmu Jurnalistik Universiti Sains Malaysia (USM) studi tur ke redaksi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: