_
Home / Sumut / Bosnia-Sumut Buka Peluang Kerja Sama Ekspor CPO
foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

Bosnia-Sumut Buka Peluang Kerja Sama Ekspor CPO

MEDAN, Waspada.co.id – Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dikunjungi Duta Besar (Dubes) RI untuk Bosnia-Herzegovina, Amelia Achmad Yani. Kedatangan Dubes bersama rombongan disambut Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi di Rumah Dinas Gubernur, Medan, Kamis (18/7).

Hadir di antaranya Head of Delegation from Brcko District Damir Bulcevic, Pemilik Perusahaan Papilon Halid Salihovic, Manajer V Group Palis Brcko Dorde Markovic, Konselor Ekonomi KBRI Bosnia Herzegovina Mahendra, wartawan Furaj.ba Emira Azganovic, Ketua Kadin Sumut Ivan Iskandar Batubara, dan Konsul Kehormatan Rusia Fauzi Nasution.

Di mata Gubsu, Amelia sebagai Dubes RI merupakan sosok perempuan kuat. Karena tokoh ini tidak lain adalah anak dari Pahlawan Revolusi Indonesia, Jenderal Ahmad Yani. Tak heran, Gubsu merasa terhormat bisa dikunjungi putri dari tokoh nasional.

“Terima kasih atas kedatangan Ibu Amelia Achmad Yani. Kedatangan Ibu ke sini adalah pintu untuk kita berbuat. Bagaimana kita berkomunikasi dengan baik. Kita bisa ‘menjual’ Sumut yang notabene masih ‘perawan’,” ujar Gubernur.

Dalam kunjungannya, Amelia Achmad Yani menyampaikan sejumlah pengusaha dari negara pecahan Yugoslavia itu memiliki ketertarikan terhadap Indonesia, khususnya Sumut. Apalagi disebutkan kebutuhan bahan baku dari kelapa sawit untuk industri hilir cukup tinggi.

“Di sini hadir beberapa pengusaha dari Bosnia-Herzegovina. Mereka mau membeli minyak sawit (CPO). Karena di sana roti jadi makanan pokok,” ujar Amelia.

Amelia sendiri mengaku sudah bertugas selama 3,4 tahun sebagai dubes di Bosnia. Karena itu, dirinya melihat ada peluang kerja sama dengan sejumlah pengusaha yang tertarik dengan produksi CPO. Sebagai negara agraris, Indonesia diketahui memiliki lahan perkebunan cukup luas yang sebagiannya ada di Sumut.

Dari kunjungan itu, Damir Bulcevic menyampaikan apresiasi atas sambutan hangat Pemprovsu kepada rombongan dari Sarajevo, ibu kota Bosnia-Herzegovina. Ketua Kadin Sumut, Ivan Iskandar Batubara, menambahkan komoditas kelapa sawit menjadi tujuan investasi yang menarik.

Kepala Biro Otonomi Daerah (Kabiro Otda) Pemprovsu, Basarin Yunus Tanjung, menyampaikan pihaknya membuka peluang seluas-luasnya untuk kerja sama dengan semua negara untuk mendorong percepatan pembangunan, sehingga Sumut bermartabat segera terwujud.

Sebelumnya, Dubes Amelia Achmad Yani bersama rombongan melihat proses produksi minyak kelapa sawit di Pabrik Pengolahan Adolina, Serdang Bedagai. (wol/aa/data2)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Masyarakat Antusias Dengar Tausyiah UAS

MEDAN, Waspada.co.id – Ribuan warga Kota Medan dan sekitarnya memadati Masjid Agung Medan, Selasa (20/8). ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.