Home / Sumut / BMKG Catat Ada Dua Titik Api di Sumut
foto: antara

BMKG Catat Ada Dua Titik Api di Sumut

MEDAN, Waspada.co.id – Selain kawasan hutan Kecamatan Balige di Kabupaten Toba Samosir yang terbakar, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan mencatat ada dua titik api di dua kabupaten di Sumatera Utara.

Demikian dijelaskan Prakirawan BMKG Wilayah I Medan, Nora Valencia Sinaga, menjelaskan dua titik api itu berada di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbanghas) dan Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel).

“Di Humbang Hasundutan, titik panas terpantau di Kecamatan Sijamapolang sebesar 74 persen. Di Tapanuli Selatan, titik panas sebesar 79 persen terpantau di kawasan Batang Toru,” ucap Nora di Medan, Kamis (26/7).

Nora menambahkan bahwa terdapat penurunan aktivitas titik api di Kabupaten Toba Samosir. Namun, untuk keseluruhan ketiga titik api belum menunjukkan pemadaman atau masih nol persen. Disebutkan, kondisi di Toba Samosir sudah menyusut setelah sempat di atas 50 persen.

Hingga saat ini belum diketahui luas rambatan api dalam kebakaran di Kabupaten Humbang Hasundutan dan Kabupaten Tapanuli Selatan. Di Kabupaten Toba Samosir, rambatan api mencapai 40 hingga 50 hektar.

Untuk melakukan pemadaman di kawasan Balige, pihak terkait menerjunkan sekitar 100 petugas. Proses pemadaman sampai saat ini masih terus dilakukan. Waterbom milik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dari Riau juga diterjunkan. (wol/aa/rdn/data1)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Istana Sebut Inpres Gempa Lombok untuk Gantikan Status Bencana Nasional

      JAKARTA – Sekretaris Kabinet Pramono Anung memaparkan, instruksi presiden (Inpres) yang akan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: