Breaking News
Home / Sumut / BKKBN Sumut Tingkatkan Kualitas Data Program KKBPK
foto: istimewa
foto: istimewa

BKKBN Sumut Tingkatkan Kualitas Data Program KKBPK

SUMUT, WOL – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sumatera Utara  terus melakukan penguatan dan peningkatan kualitas data Program KKBPK.

Berbagai kegiatan terus dilakukan, mulai dari pelatihan Pencatatan dan Pelaporan (R/R) tingkat provinsi sampai dengan Orientasi R/R di tingkat kecamatan. Seperti Perwakilan BKKBN Sumut yang menggelar Kegiatan Diseminasi Laporan Umpan Balik Program KKBPK Tingkat Provinsi di Hotel Grand Antares Medan, Kamis (13/4).

Kasubbid Data dan Informasi Perwakilan BKKBN Sumut, Yosrizal Batubara mengatakan bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan, pengolahan, analisis dan penyediaan data Program KKBPK yang berkualitas, sehingga dapat digunakan sebagai informasi bagi pemangku kebijakan di daerah.

“Data yang sudah dianalisis harus mampu dimanfaatkan dengan baik sehingga Program KKBPK menjadi salah-satu Program Utama dalam pelaksanaan pembangunan di daerah,” tuturnya.

Ditambahkan Kepala Perwakilan BKKBN Sumut, Temazaro Zega bahwa Data merupakan bagian penting dalam pelaksanaan Program, mustahil Program dapat berjalan dengan baik tanpa didukung data yang baik pula.

“Berdasarkan analisis data yang dilakukan dan disajikan dalam Rapat Pengendalian Program (Radalgram) yang rutin dilaksanakan oleh Perwakilan BKKBN Sumut menunjukkan bahwa rasio penambahan Peserta KB Aktif (PA) berdasarkan Capaian Peserta KB Baru (PB) masih banyak yang tidak memberikan kontribusi, bahkan ada beberapa kab/kota mengalami minus. Dari hasil analisis yang dilakukan, bahwa yang menjadi penyebab adalah kesalahan dalam melakukan pencatatan dan pelaporan,” tambahnya.

“Saya pantau saat ini seluruh Kepala Dinas OPD-KB Kab/Kota sangat bersemangat dalam meningkatkan capaian Program, ini tentu harus didukung pencatatan dan pelaporan yang baik. Tingkatkan pengetahuan, skill, kuasai materi dengan baik, petugas RR harus paham dan mampu mengoperasikan komputer dan menggunakan internet, paham menggunakan email sehingga meningkatkan dan memudahkan komunikasi,’ kata Temazaro.

Mulai tahun ini, Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara akan menyampaikan secara rutin Capaian Program KKBPK masing-masing Kab/Kota melalui laporan Umpan Balik yang akan dikirim setiap bulannya ke Bupati/Walikota, DPRD serta pemangku kebijakan lainnya, sehingga Program KKBPK semakin mendapat dukungan penuh.

‘Dan tentunya diharapkan juga OPD-KB Kab/Kota juga mampu membuat laporan umpan balik untuk capaian Program KKBPK di masing-masing kecamatan, untuk dapat juga disampaikan ke pimpinan daerah, sehingga dapat memacu semangat untuk lebih berprestasi, “terang bapak yang juga pernah menjabat sebagai Direktur Remaja di BKKBN Pusat ini,” terangnya.

“Pada kegiatan ini diikuti oleh Operator Aplikasi Statistik Rutin dan Operator Aplikasi KS/PK di seluruh Kab/Kota se-Sumut dan dilaksanakan mulai tanggal 9-11 April 2017. Materi yang disajikan antara lain, Analisis dan evaluasi Data Program KKBPK Kab/Kita, Tahapan diseminasi data, sinkronisasi data serta praktik penggunaan aplikasi statistik rutin, pendataan keluarga dan aplikasi kesejahteraan keluarga,” tutupnya.(wol/eko/rls/data2)

Check Also

Istimewa

INES Survei Tingkat Pilkada Sumut, Effendi Memiliki Peluang

SUMUT, WOL – Lembaga Indonesia Network Election Survei (INES) menggelar survei menjelang pemilihan Gubernur Sumatera ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.